Home Health Ini 6 Cara Mengobati Leher Sakit ,Terlalu Lama di Depan Komputer

Ini 6 Cara Mengobati Leher Sakit ,Terlalu Lama di Depan Komputer

KORDANEWS – Kebanyakan orang sering menghabiskan waktu di depan layar komputer. Kebiasaan ini dapat memicu leher yang sakit sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman hingga keesokan harinya. Berikut cara-cara ampuh mengobati sakit leher akibat terlalu sering menatap layar komputer.

Tips ampuh mengatasi sakit leher
Gejala rasa sakit di leher akibat terlalu sering menatap layar komputer memang sering terjadi pada banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Nah, supaya rasa sakit tersebut tidak terus mengganggu Anda, berikut cara-cara jitu mengobati leher yang sakit.

1. Kompres es batu atau air hangat
Leher Anda terasa pegal? Cobalah untuk mengompres bagian yang pegal tersebut dengan es batu atau air hangat 2-3 kali selama 20 menit dalam sehari. Selain itu, mandi dengan air hangat atau menggunakan koyo juga dapat membantu mengatasi sakit leher yang diderita.

2. Lakukan peregangan
Orang-orang yang sering bekerja di hadapan komputer biasanya jarang bergerak, memilih untuk duduk karena pekerjaan yang menumpuk. Akan tetapi, semakin lama Anda duduk, semakin sulit mengatur posisi yang baik.

Mulailah untuk meluangkan waktu satu atau dua jam untuk menggerakkan kaki Anda setiap harinya. Anda juga bisa melakukan peregangan leher dan punggung tiap 2 jam duduk di depan komputer.

3. Mengurangi stres
Sakit leher juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak pekerjaan di hadapan komputer sehingga membuat stres. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa sakit leher, cobalah untuk mendengarkan lagu saat menggunakan komputer atau lakukan hal yang disukai dan mengurangi stres Anda.

4. Akupuntur
Mengobati rasa sakit leher juga dapat dilakukan dengan memasukkan jarum ke titik tertentu pada tubuh Anda. Mengapa akupuntur? Metode pengobatan dari timur ini sudah dilakukan selama beribu-ribu tahun yang lalu dan disarankan untuk melakukannya dengan seorang ahli bersertifikat.

5. Tidur yang berkualitas.
Sehabis bekerja di hadapan layar komputer dalam jangka waktu lama, usahakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, mulai dari posisi tidur yang benar dan nyaman atau membeli bantalan leher yang dapat mengatasi sakit leher.

6. Berenang
Berenang dapat mengatasi sakit leher, terutama mengurangi peradangan dan melemaskan otot leher yang tegang. Simak tips-tips untuk mengobati rasa sakit leher dengan berenang:

-Masuklah ke dalam air seleher Anda
-Usahakan air di dalam kolam renang hangat
-Gunakan gaya dada agar dapat berenang tanpa harus mengambil napas sehingga tidak akan menyakiti leher Anda.

7. Menambah asupan magnesium
Magnesium dapat menenangkan otot dan kontraksi sehingga kemungkinan besar dapat membantu Anda mengobati sakit leher. Konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, produk kacang kedelai, dan gandum. Selain itu, karena magnesium dapat menyerap di kulit, mandi dengan garam epsom juga dapat membantu mengatasi rasa sakit.

8. Minum obat
Apabila rasa sakit di leher tidak reda, cobalah untuk minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, paracetamol, atau naproxen untuk meredakan sakit leher.

Nah, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, usahakan untuk mengurangi aktivitas yang mengharuskan Anda duduk di depan komputer. Jika rasa nyeri masih terasa, segera konsultasikan kepada dokter atau spesialis saraf.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here