Home Budaya Sholat Idul Adha, Pemkot Tutup Jembatan Ampera

Sholat Idul Adha, Pemkot Tutup Jembatan Ampera

Jemaah Sholat Ied padati jembatan Ampera (foto Yokhe Odank)

KORDANEWS – Seperti biasanya, saat sholat Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah 1 September mendatang, Jembatan Ampera mulai dari pangkal Jembatan 7 Ulu hingga menuju Jalan Jenderal Sudirman dan arah jalan Merdeka akan ditutup sementara.

Penutupan ini berlangsung mulai dari pelaksanaan Sholat Subuh hingga pukul 09.00 WIB usai pelaksanaan sholat Idul Adha.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) melalui Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian dan Operasional (Kabiswaslop) Dishub Kota Palembang, Martha Edison mengatakan, penutupan jalan ini agar masyarakat bisa melaksanakan sholat Idul Adha 1438 H dengan khusyuk dan tenang.

“Ini sebagai bentuk penghormatan untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah. untuk masyarakat yang tidak ikut melaksanakan sholat ied agar berdiam diri dirumah. Tidak ada jalan alternatif, yang tidak sholat diam dirumah saja dulu untuk saling menghargai,” tuturnya, Selasa (29/8).

Martha juga menghimbau, kepada masyarakat untuk sholat bersama di Masjid Agung Palembang sehingga lebih ramai.

“Nah untuk kawasan Ilir di tutup mulai dari Jalan Sudirman dan Jalan Merdeka, nantinya parkir akan kami siapkan di Jalan Nusa Indah dan Sudirman,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait persiapan menjelang Idual Adha tahun ini, panitia Yayasan Masjid Agung hanya menyediakan sekitar 1000 kupon daging untuk masyarakat. Kupon ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, dimana yayasan menyediakan 2000 kupon.

“Kupon ini disiapkan tergantung dengan sapi yang ada. Kalau tahun kemarin kan ada sekitar 10 sapi dan 23 kambing. Nah untuk tahun ini sepertinya jauh lebih sedikit, saat ini saja yang sudah terdaftar baru bapak walikota dan pak gubernur. Sedangkan kambing baru satu. Tapi kami tetap menyiapkan sekitar 1000 kupon untuk tahun ini,” tutur, Sekretaris Panitia Idul Adha Yayasan Masjid Agung Palembang, Syukri Mascik Azhari saat ditemui dikantornya, Selasa (29/8).

Ia menerangkan, pembagian kupon akan dilakukan pada hari H, dimana pihaknya memprioritaskan kupon untuk masyarakat sekitar Masjid Agung. Jika ada sisanya batu akan dibagikan kepada masyarakat luar.

“Sementara untuk imam Sholat Idul Adha, masih tetap dilakukan oleh H. Kgs Ahmad Nawawi Dencik Alhafidz. Pelaksanaan juga seperti tahun sebelumnya, ada wako dan gubernur bersama stafnya. Pelaksanaan sholat dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Karena kebetulan hari Jum’at maka pemotongan hewan kurban baru akan dilakukan hari Sabtu,” pungkasnya.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here