Gara-gara Corna Industri Hiburan Korea Rugi hingga Rp675 Miliar

KORDANEWS – Industri hiburan Korea Selatan diperkirakan mengalami kerugian hingga 52,3 miliar won atau setara Rp675,9 miliar karena pembatalan pertunjukan dan pameran akibat penyebaran virus corona.

Yonhap memberitakan bahwa perkiraan kerugian itu merupakan akumulasi dari pembatalan serentet acara kesenian.

Berdasarkan laporan Federation of Artistic & Cultural Organization of Korea, total pembatalan konser, pertunjukan, dan pameran seni pada periode Januari hingga April mencapai 2.511 acara.

Ketika industri terhuyung akibat pandemi, hampir sembilan dari setiap 10 seniman Korea Selatan juga mengalami penurunan pendapatan di kuartal pertama 2020 ini.

Hal ini terangkum dalam survei federasi terhadap 163 asosiasi seniman regional yang dilakukan pada 9-12 Maret lalu.

Hampir 89 persen seniman responden survei federasi tersebut mengatakan penghasilan mereka selama Januari-April menyusut dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Saat merilis hasil survei terbaru, federasi juga meminta pemerintah untuk menyediakan dana dukungan darurat bagi para seniman dan asosiasi mereka agar bisa keluar dari krisis ini.

Virus corona juga membuat Korea harus menerima kenyataan jumlah penonton di bioskop terendah pada Februari dalam 15 tahun terakhir.

Pada Februari 2020, sekitar 7,37 juta orang ke bioskop. Angka itu hanya sekitar 50 persen dibandingkan jumlah penonton di bioskop pada Februari 2019 yang mencapai 14,9 juta.

Virus corona juga membuat sejumlah bioskop termasuk CGV Cinema, jaringan bioskop terbesar di Korea, dan Lotte Cinema menutup sejumlah unit mereka untuk menekan penyebaran virus corona. Penayangan beberapa film lokal juga ditunda.

Kini, kondisi Korea Selatan dianggap berangsur membaik dari wabah virus corona sehingga bioskop-bioskop bersiap menayangkan film-film baru setelah hampir tiga pekan bertahan dengan suguhan lama.

Per Jumat (20/3), negara tersebut telah melaporkan 8.652 pasien terinfeksi virus corona sejak kasus pertamanya pada 20 Januari silam

Editor: John.W

Drakor Milyaran Rugi

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...