Home Uncategorized Waspada Aplikasi Penyusup di Playstore

Waspada Aplikasi Penyusup di Playstore

KORDANEWS- Meski seharusnya aplikasi yang ada di Play Store itu aman, ternyata masih ada saja aplikasi jahat yang bisa menyusup.

Aplikasi tersebut adalah SMSVova, yang menyamar sebagai aplikasi system update di Play Store. Aplikasi tersebut berhasil menipu 1 juta – sampai 5 juta orang yang mengunduhnya dari Play Store.

SMSVova adalah sebuah spyware yang menipu pengguna dengan menyamar sebagai aplikasi sistem update. Setelah dibuka, spyware ini akan mendadak tertutup kembali dan menuliskan pesan kalau proses updatenya behenti.

Namun sebenarnya spyware ini akan terus terbuka dan beroperasi secara diam-diam di background, dan mencuri dan mengirimkan lokasi si pengguna ke pembuat spyware. Ada dua jenis data yang diambil, yaitu lokasi si korban saat ini dan mengatur shared preferences, yang merupakan salah satu cara Android untuk menyimpan data aplikasi.

Selain itu SMSVova juga bisa mengirimkan SMS bertuliskan ‘get faq’ ke servernya. Balasan dari SMS tersebut adalah sejumlah perintah dari server SMSVova.

Adalah Zsclaer ThreatLabz yang menemukan spyware yang sudah lama ada di Play Store ini. SMSVova tercatat terakhir diperbarui pada Desember 2014. Setelah mereka melaporkannya ke Google, aplikasi ini langsung ditarik dari Play Store, demikian dikutip dari Darkreading, Minggu (23/4/2017).

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here