Home Ekonomi Pemprov Sumsel Fokus Green Growth Plan

Pemprov Sumsel Fokus Green Growth Plan

KORDANEWS-Dalam rangka Penyusunan Straregi Pertumbuhan Ekonomi Hijau (Green Growth Plan) di Provinsi Sumatera Selatan,  Gubernur Sumsel, Alex Noerdin sangat menekankan  perlu adanya  kepemimpinan bukan saja di Provinsi tapi di semua semua kabupaten untuk Membuat Pertumbuhan Ekonomi Hijau, yang dibahas di Griya Agung ( 16/08/2016)

Untuk mewujudkan hal tersebut, saat ini dalam tahap membuat rencana serta  menjaring adnaya  kerjasama dari satuan kerja perangkat daerah(SKPD)dan perangkat sektor yakni pelaku ekonomi,jelas Sonya Dewi.

Konkret plan ini akan terbentuk bedasarkan data yang sahih dan pendapat dari semua pihak termasuk masyarakat yang nantinya sebuah skenario pembangunan.

“Kita modelkan dengan metode scientific, dicari kalau metode ini dijalankan kira kira dampaknya ke depan seperti apa ?,baik untuk performance ekonomi baik lingkungan . Gimana apakah nanti akan banyak banjirnya ? ,Gimana akan emisi kita akan tambah banyak?, apakah income masyarakat bertambah?”,jelasnya.

Country Coordinator ICRAF, Dr.sonya Dewi mengatakan saat ini rencananya akan membuat green stratrgi untuk green growth plan di Sumsel 10-20 tahun ke depan di Sumsel.”Apa saja yang dapat di lakukan? bagaimana kita bisa mencoba melihat kebutuhan lahan yang dicocokkan dengan suplai lahan yang ada?,”katanya.

Karena kebutuhan lahan ini banyak diperlukan dari berbagai pihak, sambung Sonya Dewi, jadi hal yang diinginkan yang pertama adalah sustainable economic growth, kedua adanya kemerataan terhadap inklusifitas masyarakat dan semua pelaku ekonomi ,ketiga reseleance,keempat adanya pembangunan rendah emisi, dan terakhir lingkungan dapat memberikan jasanya atau fungsi sebagaimana yang di perlukan dan diinginkan.

Sonya mengatakan pengumpulan dana butuh waktu kira-kira sebulan  “Nanti kita akan plotkan hingga pertengahan September,kita nggak mulai dari nol karena sudah ada data -datanya.Kita kumpulkan dan sudah banyak mitra-mitra dari Sumsel plus data dari Pemerintah juga ada serta data kita sendiri dari Citra Satelit,”ungkapnya.

Diakui Sonya,di Indonesia ini merupakan strategi pertumbuhan ekonomi hijau buang pertama dalam level Provinsi,”Mudah-mudahan menjadi model karena kalau untuk tingkat Provinsi baru pertama tetapi kalau nasional sudah ada,”ungkapnya. ( aab)

 

 

Editor  : ardi

Sumber : kordanews.com

 

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here