Home Sumsel Tak Cuma Modal Paras, Putra-putri Sriwijaya 2017 Juga Harus Miliki Ini

Tak Cuma Modal Paras, Putra-putri Sriwijaya 2017 Juga Harus Miliki Ini

ist

KORDANEWS—–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Budaya dan Pariwisata (DisBudpar) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini tengah melakukan seleksi awal Pemilihan Putra Putri Sriwijaya tahun 2017.

Kepala Disbudpar Sumsel, Irene Camelyn Sinaga yang juga menjadi juri dalam pemilihan ini, mengungkapkan bahwa setiap tahunya ajang pemilihan Putra Putri Sriwijaya ini menjadi salah satu cara menanamkan kecintaan budaya wisata yang nantinya akan menjadi Duta Pariwisata, untuk diberi tugas mempromosikan wisata budaya Provinsi Sumsel.

“Bukan hanya berparas cantik dan berbadan tinggi saja yang menjadi pilihan, akan tetapi juga bisa mempromosikan wisata dan budaya Provinsi ini khususnya kepada anak-anak muda,” tutur Irene, ketika di diwawancarai, Rabu (06/09).

Selain untuk mempromosikan, lanjut Irene, Putra Putri Sriwijaya ini pula harus memmiliki jiwa seorang duta, bukan hanya sebagai penerima tamu-tamu penting saja akan tetapi mampu mengajak maysrakat untuk mengenal pariwisata dan budaya di kota mereka.

“Pada pemilihan ini kita bukan hanya melihat dari Paras, tinggi badan dan pemahaman Mmreka tentang pariwisata saja, akan tetapi kedepanya akan juga di nilai dari sisi pribadi mereka sendiri apakah bisa atau tidak menjadi Duta”, ujarnya.

Untuk saat ini, tambahnya, telah di lakukan seleksi tahap awal di mana pemenang dari tiap tiap Kabupaten Kota di seleksi lagi untuk mencari 20 Finalis.
“bukan hanya juara satu saja dari tiap Kabupaten Kota yang ikut di sini, akan tetapi juara 1-3 dari masing masing Kabupaten Kota bisa mengikuti seleksi ini,”

Setelah terpilih 20 finalis selanjutnya ke 20 finalis ini akan di lanjutkan dengan uji bakat, mempresentasikan diri mereka, serta di beri pula bimbingan dari para ahli.

” nanti pengumuman pemenangnya akan di umumkan pada acara Grand Final yang di lakukan pada minggu malam. Pada Grand final mereka juga akan memaki dua Pakaian yakni Pakaian Daerah mereka dan satu lagi pakaian moderen,” pungkasnya.

Sedangkan, salah satu juri yang dalam seleksi pemilihan Putra Putri Sriwijaya yang juga merupakan Duta Anti Narkoba, Lury Elza Alex Noerdin, menegaskan bahwa mereka ini harus meningkatkan kemampuan bahasa Asing mereka. Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games yang di perkirakan banyak turis asing yang akan datang.

“mereka ini masih muda, sekarang sudah eranya Sosial Media atau lebih moderen, harusnya mereka lebih meningkatkan Bahasa Asing mereka,” katanya.

Sementara itu untuk pengetahuan dalam hal Pariswisata di Sumsel, di ungkapkan Lury kalau para peserta ini secara garis besar sudah sangat memahami dan mengenal pariwisata di Sumsel terutama pariwisata yang ada di Kabupaten/Kota masing.

” mereka lumayan mengetahui tentang pariwisata di Kabupaten/Kota mereka masing-masing akan tetapi tidak mendetail hanya secara garis besar saja. Harapan saya, siapapun yang terpilih mereka ini akan bisa lebih mengenalkan lagi pariwisata di Sumsel bukan hanya di dalam Negeri tapi juga sampai ke penjuru Dunia,” tukasnya. (Ab)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here