Home Health Tips Merawat Telinga Agar Tetap Sehat

Tips Merawat Telinga Agar Tetap Sehat

KORDANEWS – Telinga menjadi bagi penting bagi manusia. Bahkan masuk dalam pancaindera. Oleh karena itu, sangat penting unntuk dijaga.

Berikut tips merawatnya dilansir dari femina.co.id

Bersihkan setiap hari
Telinga harus dibersihkan 1-2 kali sehari. Untuk daun telinga dapat dibersihkan dengan menggunakan air bersih yang dicampur dengan sedikit baby oil atau dengan menggunakan kain basah.

Batasi cotton bud
Penggunaan cotton bud bisa dipakai sesering mungkin, namun hanya untuk membersihkan daun telinga dan rongga telinga luar saja. Kebiasaan menggunakan cotton bud sampai terlalu dalam merupakan kesalahan, tuh, karena dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam

Hindari ear candle
Penggunaan ear candle untuk membersihkan telinga tidak dianjurkan dan bahkan dilarang oleh dokter THT. Pasalnya, dapat menimbulkan luka bakar dan wax yang digunakan dapat menempel pada gendang telinga sehingga mengganggu pendengaran.

Rajin ke THT
Kontrol untuk memeriksakan diri ke THT dianjurkan setiap enam bulan sekali atau ketika ada keluhan.

Jangan meneteskan air
Ketika telinga kemasukan air, sering kali kita meneteskan air untuk memancing agar air di dalam telinga keluar. Kebiasaan ini berbahaya bagi kesehatan pendengaran apalagi jika kita nggak tahu kondisi bagian dalam telinga kita. Agar aman, sebaiknya kita cukup memiringkan telinga sambil menarik daun telinga agar air yang terperangkap dapat keluar.

Membersihkan secara alami
Gerakan mengunyah makanan dapat membantu sirkulasi pengeluaran kotoran telinga secara alamiah.

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here