Home Ekonomi Industri Tekstil Lesu, Menperin Panggil 160 Pengusaha

Industri Tekstil Lesu, Menperin Panggil 160 Pengusaha

KORDANEWS-Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, hari ini mengumpulkan sekitar 160 pengusaha tekstil dan produk tekstil (TPT) dari 5 provinsi di Jawa yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Yogyakarta.

Airlangga mengatakan, pertumbuhan industri tekstil yang tengah lesu jadi alasan dirinya mengumpulkan para pengusaha TPT hari ini. Bahkan beberapa neraca pedangan produk tekstil sudah mengalami defisit.

“Sebesar US$ 1,16 miliar defisit di benang, produk kain juga kita defisit US$ 2,9 miliar. Kita eksportir kain tapi juga importir kain, makanya breakfast meeting ini saya mau dapatkan masukan dari asosiasi dan pelaku industri,” ujarnya, saat membuka acara di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Dia mencontohkan, untuk sumbangan devisa ekspor TPT, tahun 2015 hanya berkontribusi sebesar US$ 12,28 miliar, atau turun dari tahun 2014 sebesar US$ 12,74 miliar.

“Padahal tekstil ini subsektor penghasil devisa terbesar ketiga. Juga menyerap 4 juta tenaga kerja atau 10,6% dari total tenaga kerja di industri manufaktur. Maka dengan pertemuan ini kita harap ada harmonisasi,” jelas Airlangga.

Menteri dari latar belakang partai Golkar ini mengungkapkan, pihaknya sendiri menargetkan Indonesia bisa masuk dalam 5 besar eksportir TPT terbesar dunia. “Target kita paling tidak bisa masuk 5 besar TPT dunia,” pungkasnya.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here