Home Ekonomi Tips Sukses Atur Keuangan di Tahun 2018

Tips Sukses Atur Keuangan di Tahun 2018

KORDANEWS – Apakah Anda mempunyai tujuan finansial di tahun ini? Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, 88% goal tahun baru gagal untuk diwujudkan.

Masalahnya karena banyak orang tidak membuat tujuan mereka secara spesifik sehingga tidak benar-benar tahu apa yang ingin diwujudkan. Alasan lainnya karena resolusi terlalu ambisius dan tidak sesuai dengan kemampuan.

Tapi jangan putus asa dulu, resolusi finansial berikut ini cukup sederhana sehingga bisa diwujudkan siapa saja:

1. Membayar tagihan atau utang
Tagihan kartu kredit dan lainnya mungkin terlihat sulit dilunasi. Namun melunasinya di tahun 2018 bukan mustahil asal Anda punya komitmen. Mulailah dengan membayar tagihan dengan jumlah terkecil atau bunga terbesar.

2. Membuat dana darurat
Perencana keuangan menganjurkan setiap orang untuk memiliki dana darurat sebesar setidaknya tiga bulan penghasilan. Mungkin mengumpulkan sebanyak itu terkesan sulit. Tapi Anda bisa membangunnya secara perlahan mulai sekarang.

3. Membuat perencanaan budget
Membuat anggaran dan mencatat anggaran sudah semakin mudah dengan tersedianya berbagai aplikasi yang bisa diunduh lewat smartphone. Setelah belanja, langsung catat sehingga Anda bisa tahu berapa jumlah pengeluaran dalam sebulan.

4. Mulai berinvestasi
Mulailah berinvestasi demi masa depan Anda, investasi bisa dalam berbentuk saham, reksa dana, atau deposito. Namun yang paling penting adalah investasi leher ke atas, yakni terus mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Anda.

Itulah beberapa tips untuk mewujudkan resolusi keuangan Anda pada tahun 2018. Semoga bermanfaat.

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here