Home Peristiwa Puluhan Ribu Warga Belarusia Berdemontrasi Menuntut Presiden Untuk Pemungutan Suara Ulang

Puluhan Ribu Warga Belarusia Berdemontrasi Menuntut Presiden Untuk Pemungutan Suara Ulang

KORDANEWS – Puluhan ribu pengunjuk rasa oposisi telah berunjuk rasa di ibu kota Belarusia untuk demonstrasi terbesar namun menentang pemilihan kembali Presiden Alexander Lukashenko yang disengketakan, bahkan ketika pemimpin itu menolak seruan untuk mundur dan mengadakan pemungutan suara baru.

Dalam pidatonya yang menantang di unjuk rasa yang lebih kecil dari pendukungnya sendiri di Lapangan Kemerdekaan Minsk, Lukashenko mengatakan Belarusia akan “mati sebagai negara jika setuju untuk mengadakan pemilihan baru di bawah tekanan” dan menuduh NATO berkumpul di perbatasan barat negaranya.

“Saya memanggil Anda ke sini bukan untuk membela saya … tetapi untuk pertama kalinya dalam seperempat abad, untuk mempertahankan negara Anda dan kemerdekaannya,” kata pemimpin berusia 65 tahun itu.

Belarusia diguncang oleh protes jalanan selama seminggu setelah pengunjuk rasa menuduh Lukashenko mencurangi pemilihan presiden Minggu lalu di mana ia mengklaim telah mendapatkan 80 persen suara.

Lukashenko, yang telah memerintah Belarusia selama 26 tahun terakhir dan menghadapi tantangan terbesar dalam kepemimpinannya, membantah tuduhan tersebut.

“Saya bukan penggemar aksi tetapi sayangnya, itu bukan salah saya, saya harus menelepon Anda untuk membantu saya,” katanya saat sekitar 5.000 pendukung melambaikan bendera nasional dan berteriak: “Terima kasih!” dan “Belarusia!”

Sambil menyeka alisnya, presiden, yang berdiri di podium dengan kemeja lengan pendek, bersikeras pada legitimasi kemenangan pemilihannya atas kandidat oposisi populer, Svetlana Tikhanovskaya.

“Pemilihan itu sah. Tidak boleh lebih dari 80 persen suara dipalsukan. Kami tidak akan menyerahkan negara,” katanya.

Dia memperingatkan tentang ancaman dari negara-negara tetangga NATO serta dari gerakan oposisi yang menyerukan pemilihan baru, saat kerumunan berteriak “Tidak!”

‘Lukashenko harus menjawab’
Unjuk rasa Lukashenko bertepatan dengan gerakan oposisi yang menyerukan protes “March of Freedom” secara nasional, yang dihadiri oleh puluhan ribu orang berkumpul di Minsk.

Kota-kota besar Belarusia lainnya juga menyaksikan demonstrasi besar, media lokal melaporkan.

Step Vaessen dari Al Jazeera, melaporkan dari ibu kota, mengatakan demonstrasi Lukashenko “terorganisir dengan tergesa-gesa” dan “dikerdilkan” dibandingkan dengan protes oposisi.

“[Ada] suasana hati yang gembira di sini di Minsk, pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” katanya. “Orang-orang di sini mendatangi kami dan mengatakan, ‘kami sedang mengubah negara, Anda menyaksikan sejarah’,” tambah Vaessen.

Meneriakkan “Pergi!”, Para pendukung oposisi berbaris di Jalan Kemerdekaan, beberapa membawa bendera merah dan putih, dulu bendera negara dan sekarang digunakan untuk mewakili oposisi terhadap pemerintah Lukashenko.

Para pengunjuk rasa mengangkat tanda kemenangan dan memegang bunga dan balon, dengan banyak yang mengenakan pakaian putih, warna yang melambangkan gerakan oposisi. Mereka yang berbaris termasuk sekelompok pasukan terjun payung veteran dengan baret seragam.

“Sungguh luar biasa apa yang saya lihat di sini sekarang, ada hingga 100.000 orang di sini. Kerumunan besar,” kata Vaessen. “Ini adalah sesuatu yang tidak diharapkan Lukashenko.”

Demonstran memegang spanduk dengan slogan seperti “Kami menentang kekerasan” dan “Lukashenko harus bertanggung jawab atas penyiksaan dan kematian”.

Tindakan keras polisi terhadap pengunjuk rasa menyebabkan lebih dari 6.700 orang ditangkap, ratusan terluka dan dua orang tewas. Banyak pengunjuk rasa menuduh mereka disiksa di dalam tahanan.

Penindasan brutal terhadap protes pasca pemilu di Belarus telah menuai kecaman keras dari negara-negara Barat dan PBB.

Menteri luar negeri Uni Eropa mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka menolak hasil pemilihan di Belarus dan mulai menyusun daftar pejabat di Belarus yang dapat menghadapi sanksi atas peran mereka dalam tindakan keras tersebut.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Sabtu mengatakan dia senang melihat beberapa pengunjuk rasa di Belarus telah dibebaskan tetapi itu tidak cukup. Dia mengatakan pemilihan presiden tidak memenuhi standar demokrasi.

Pada hari Minggu, Lukashenko berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mengatakan kepada pemimpin Belarusia bahwa Moskow siap memberikan bantuan sesuai dengan pakta militer kolektif jika perlu, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kremlin.

Penantang Lukashenko, Tikhanovskaya, yang melarikan diri ke tetangganya Lithuania pada Selasa, menyerukan protes akhir pekan dan penghitungan ulang pemilihan. Kampanyenya mengumumkan bahwa dia mulai membentuk dewan nasional untuk memfasilitasi transfer kekuasaan.

Victor Olevich, pakar utama di Center for Actual Politics, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Moskow, mengatakan kepada Al Jazeera, “Lukashenko telah kehilangan sisa-sisa legitimasi yang masih dia miliki setelah pemilu yang dipalsukan secara besar-besaran yang memberinya 80 persen dukungan”.

“Mengenai posisi Rusia, Moskow tidak dapat memberikan dukungan yang signifikan atau terlihat seolah-olah memberikan dukungan yang signifikan kepada seorang pemimpin yang telah kehilangan legitimasi di antara rakyatnya sendiri di negaranya sendiri.

“Jika tidak, itu akan bertentangan dengan kepentingan jangka panjang Moskow di Belarusia karena rakyat Belarusia kemudian akan percaya bahwa Moskow tidak bertindak untuk kepentingan terbaik mereka.”kepentingan jangka panjang sapi di Belarusia karena rakyat Belarusia akan percaya bahwa Moskow tidak bertindak untuk kepentingan terbaik mereka. ”

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here