Home Headline Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan

KORDANEWS – Lidah buaya telah dikenal khasiatnya sejak lama untuk kesehatan kulit, termasuk menyembuhkan luka dan mempercantik kulit. Selain menggunakan gel secara langsung, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus lidah buaya yang segar dan kaya manfaat.

Simak beberapa manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan beserta cara mudah membuatnya berikut ini.

Manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan
Lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain bersifat menenangkan untuk menunjang kesehatan kulit, mengolah lidah buaya menjadi jus yang segar juga tak kalah sehat.

Berikut adalah berbagai manfaat jus lidah buaya yang sayang jika Anda lewatkan:

1. Mengatasi sembelit

Jus lidah buaya bisa bantu atasi sembelit
Saat sembelit melanda, jus lidah buaya dapat dikonsumsi sebagai obat laksatif alami berkat komponen aloin yang ada tepat di bawah kulit tanaman ini.

Jika Anda baru pertama kali mencoba jus lidah buaya, mulailah dari porsi yang sedikit terlebih dahulu.

Pasalnya, meski memiliki potensi manfaat, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) belum menganggap jus lidah buaya sebagai obat alami yang aman untuk mengatasi sembelit.

Untuk itu, lebih baik Anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mencoba jus lidah buaya untuk mengatasi sembelit.

2. Menghidrasi tubuh
Jus lidah buaya memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Anda bisa menjadikannya sebagai minuman pelepas dahaga yang menyehatkan.

Ditambah lagi, jus ini diketahui tidak mengandung kalori yang tinggi. Satu gelas jus lidah buaya hanya mengandung 36 kalori.

Namun, sebelum membeli jus lidah buaya di pasaran, cek dulu informasi nilai gizi pada kemasan. Beberapa produk kemasan dapat mengandung gula, kalori, dan karbohidrat tambahan yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan.

3. Menjaga fungsi hati
Jus lidah buaya mengandung fitonutrien yang baik untuk menunjang kesehatan, termasuk menjaga fungsi organ hati.

Mengonsumsi jus lidah buaya adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan fungsi hati karena minuman ini akanmemaksimalkan asupan cairan yang dibutuhkan tubuh.

4. Menjaga kesehatan kulit
Jus lidah buaya baik untuk kesehatan kulit
Karena sifatnya yang menghidrasi, jus lidah buaya juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit, seperti mencegah jerawat hingga meredakan gejala psoriasis dan dermatitis.

Berbagai manfaat lidah buaya ini berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin yang ada di dalamnya.

Selain itu, jus lidah buaya juga mengandung senyawa yang bisa menetralisir efek radiasi ultraviolet (UV), menyembuhkan luka akibat sinar UV, dan mencegah kerutan.

5. Mengandung beragam nutrisi
Jus lidah buaya mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh antara lain:

Vitamin B
Vitamin C
Vitamin E
Vitamin B12
Asam folat
Kalsium
Tembaga
Natrium
Selenium
Magnesium
Kalium
Mangan
Zinc
Berbagai vitamin dan mineral di atas bisa membantu fungsi tubuh agar tetap bisa berlangsung lebih sehat. Vitamin C misalnya, sudah dikenal dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sementara mineral seperti kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang.

6. Meredakan nyeri ulu hati
Manfaat jus lidah buaya juga bisa membantu meredakan nyeri ulu hati. Manfaat ini berasal dari beragam senyawa di dalamnya yang dipercaya mampu mengontrol sekresi asam di dalam lambung.

Efek inilah yang membuat jus lidah buaya berpotensi mengatasi tukak lambung yang menyebabkan nyeri di ulu hati.

7. Menyehatkan sistem pencernaan
Jus lidah buaya mengandung berbagai enzim yang dapat memecah gula dan lemak sehingga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, jus lidah buaya juga bisa meredakan iritasi pada lambung dan usus. Jus ini bahkan dianggap mampu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit peradangan pada usus.

Sebuah studi membuktikan, 33 pasien IBS mengalami penurunan gejala nyeri dan tidak nyaman setelah mengonsumsi jus lidah buaya. Namun, masih perlu studi lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya.

8. Mengatasi peradangan gusi
Sebuah penelitian menyatakan bahwa berkumur dengan obat kumur yang mengandung jus lidah buaya dapat mengurangi peradangan gusi pada orang yang baru saja menjalani perawatan untuk menghilangkan plak.

Para ahli percaya, kandungan antimikroba dan antibakteri yang terkandung di dalamnya membuat jus lidah buaya dapat mengatasi peradangan pada gusi. Selain itu lidah buaya efektif membunuh bakteri penghasil plak Streptococcus mutans di mulut serta jamur Candida albicans.

9. Menjaga kesehatan mata
Manfaat jus lidah buaya juga bisa untuk menjaga kesehatan mata Anda. Kandungan beta karoten dalam lidah buaya diketahui berperan sebagai antioksidan yang mampu memelihara kesehatan mata, termasuk menjaga fungsi retina dan kornea.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here