Home Health Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak Sekolah

Manfaat Sarapan Pagi bagi Anak Sekolah

KORDANEWS – Manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah lebih dari sekadar memberikan energi untuk beraktivitas dan belajar di kelas saja. Ada banyak keuntungan lainnya yang bisa dinikmati anak jika ia melahap sarapan pagi terlebih dahulu sebelum menimba ilmu.

Mulai dari meningkatkan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental, hingga mengasah daya ingat, berikut adalah berbagai manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah.

Sebagai orangtua, Anda perlu tahu kalau sarapan dianggap sebagai waktu makan yang paling penting. Sebab, setelah berpuasa semalaman penuh, tubuh membutuhkan glukosa untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, serta nutrisi untuk mengoptimalkan kesehatan.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan anak selalu sarapan sebelum ia berangkat ke sekolah. Di samping itu, beberapa manfaat sarapan pagi bagi anak sekolah yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Meningkatkan daya ingat dan perhatian anak
Sebuah riset mencoba membuktikan pentingnya sarapan pagi bagi anak sekolah. Dalam riset ini, sejumlah ahli membagi tiga kelompok yang berisikan anak-anak sekolah.

Kelompok pertama diminta untuk sarapan, sedangkan kelompok kedua tidak sarapan. Kelompok yang terakhir hanya diminta untuk mengonsumsi minuman berenergi.

Hasilnya, anak-anak yang mengonsumsi sarapan pagi lebih mampu mengingat dan memerhatikan pelajaran di kelas, dibandingkan anak-anak yang hanya mengonsumsi minuman berenergi atau tidak sarapan sama sekali.

2. Terhindar dari pola makan yang buruk
Ada anggapan bahwa tidak sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Anggapan ini salah dan harus dikoreksi.

Selain dapat mengganggu kesehatan, melewatkan sarapan pagi dapat merangsang otak untuk makan berlebihan dan cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat yang berkalori tinggi.

Sejumlah studi juga mengungkapkan, orang-orang yang mengaku jarang sarapan terbukti mengonsumsi nutrisi, serat, dan kalsium lebih sedikit, dan melahap lemak lebih banyak. Inilah alasan mengapa anak sekolah disarankan untuk sarapan pagi dulu sebelum berangkat ke sekolah.

3. Menjaga kesehatan mental anak sekolah
Melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan gula darah rendah. Hal ini bisa menyebabkan anak sekolah mengalami gangguan suasana hati, cepat marah, dan kelelahan.

Sementara itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa partisipan yang mengonsumsi sereal untuk sarapan paginya cenderung lebih jarang murung dan terganggu emosinya.

4. Meningkatkan konsentrasi
Sarapan sehat untuk anak sekolah dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang belajar. Anda dapat memberikan anak-anak sarapan berupa buah-buahan atau smoothie untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Mencegah berbagai penyakit
Melewatkan sarapan pagi dapat mengundang berbagai macam penyakit. Selain obesitas, tidak sarapan di pagi hari juga bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Kebiasaan melewatkan sarapan pagi sering dikaitkan dengan peningkatkan kadar kolesterol sehingga dapat menyempitkan pembuluh darah hingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tidak hanya itu, sarapan pagi juga dapat meningkatkan semangat anak untuk hadir ke sekolah dan terhindar dari keterlambatan.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here