Home Health Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Hitam dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

KORDANEWS – Manfaat kopi hitam yang paling banyak dirasakan mungkin berupa efek stimulan, yaitu membuat tubuh terasa lebih berenergi untuk beraktivitas. Namun, tidak sedikit orang yang mengeluh jantungnya berdebar atau sulit tidur setelah minum kopi hitam. Pada sebagian orang, kopi hitam juga bisa menimbulkan sakit perut dan heartburn.

Manfaat Kopi Hitam
Telah banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat kopi hitam bagi kesehatan. Berikut ini adalah beragam manfaat kopi hitam:

1. Mencegah depresi
Suatu penelitian menemukan bahwa kandungan kafein dalam kopi hitam bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya depresi. Selain itu, konsumsi kopi hitam secara rutin juga dapat mengurangi risiko melakukan bunuh diri akibat depresi.

2. Meningkatkan daya ingat
Selain membuat Anda lebih siaga, kafein di dalam kopi juga dapat meningkatkan daya ingat. Penelitian menyatakan bahwa kafein bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat memori jangka pendek maupun jangka panjang.

3. Mencegah pikun
Mengonsumsi kopi hitam juga mampu menurunkan risiko terjadinya pikun. Selain itu, konsumsi kopi hitam juga diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang mengungkap manfaat kopi hitam dalam memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan. Namun, manfaat kopi hitam ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

4. Menurunkan berat badan
Kafein yang terkandung di kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membantu proses pembakaran lemak, terutama jika dibarengi dengan olahraga.

Selain dengan meningkatkan pembakaran lemak, kopi hitam juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

5. Mencegah diabetes tipe 2
Manfaat kopi hitam lainnya adalah mengurangi risiko terkena diabetes. Kandungan polifenol yang berperan sebagai antioksidan serta mineral lain dalam kopi dapat mencegah penyakit degeneratif, salah satunya adalah diabetes tipe 2.

Selain itu, kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah.

6. Mencegah penyakit jantung
Tak hanya diabetes, kopi hitam juga bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung dan stroke. Selain karena kaya akan antioksidan, penurunan risiko munculnya kedua penyakit ini juga berhubungan dengan kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

7. Menjaga kesehatan hati
Kopi hitam juga dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati, termasuk menurunkan risiko terbentuknya jaringan parut dan kanker hati pada penderita gangguan hati. Manfaat kopi hitam ini diyakini berkat kandungan antioksidan di dalamya.

Editor : babyaga

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here