Home Health Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh Kita

Manfaat Daun Bidara Bagi Tubuh Kita

KORDANEWS – Masyarakat Indonesia tentu sudah cukup mengenal tanaman atau pohon bidara. Selama ini, daun bidara digunakan untuk kebutuhan ritual keagamaan dan pengobatan tradisional. Namun, secara riset apa saja manfaat daun bidara dan bahaya daun bidara yang mungkin ditimbulkan?

Mengenal daun bidara
Bidara atau jujuba (Ziziphus mauritiana L.) adalah semak daun yang umumnya tumbuh di daerah kering dan semi kering di dunia.

Bidara juga dapat menjadi obat herbal yang dibudidayakan di rumah.

Tanaman bidara dewasa bisa setinggi 7,8 meter dengan diameter kanopi 9 meter. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau mengkilap di atas, dan hampir putih di bawahnya.

Dalam pengobatan tradisional, tanaman bidara umum digunakan sebagai antidiabetes, obat penenang, bronkitis, dan antidiare oleh masyarakat.

Manfaat tersebut berasal dari kandungan senyawa bioaktif dari daun dan buah bidara.

Menurut riset dari jurnal Molecules (2016), bidara kaya akan polifenol, alkaloid siklopeptida, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Lebih jauh, senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba, antiradang, hipoglikemik (mengontrol gula darah), antioksidan, dan efek imunomodulator (menstimulasi imun tubuh).

Meski ada sejumlah penelitian yang mengamati khasiat tanaman bidara, masih sedikit sumber yang menjabarkan kandungan dari daunnya secara terperinci.

Berdasarkan temuan dari Journal of nutrition and metabolism (2016), berikut ini adalah beberapa senyawa yang terkandung dalam daun bidara.

Manfaat daun bidara
Meski penelitian yang khusus mengamati khasiat daun bidara pada manusia masih terbatas, terdapat riset pada hewan yang menunjukkan manfaat daun tanaman ini.

1. Mengontrol gula darah
cara kerja alat tes gula darah yang akurat

Daun bidara bisa membantu mengendalikan diabetes dengan membuat penggunaan insulin untuk menyerap gula darah lebih efektif.

Sebuah studi pada hewan tikus yang diterbitkan pada jurnal Diabetes, Obesity and Metabolism (2011), menetapkan bahwa kandungan vitamin A pada daun ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Pada akhirnya, sel-sel tubuh bisa memakai glukosa untuk meproduksi energi. Alhasil, kadar gula darah pun lebih terkendali.

2. Pereda nyeri
Daun bidara juga memiliki sifat pereda nyeri dan antispasmodik (pelemas otot) karena kandungan flavonoid dan saponin dari daun jujuba.

Manfaat tersebut diketahui dari percobaan yang dilakukan secara in vivo (sel atau jaringan makhluk hidup)

Sebuah studi lama dalam jurnal Fitoterapia pun menunjukkan bahwa ekstrak daun ini bisa melemaskan otot-otot yang menegang. Percobaan penelitian ini dilakukan pada tikus.

3. Penyembuh luka
Membersihkan luka gigitan

Berdasarkan temuan dalam riset Romanian Biotechnological Letters (2016), pada percobaan in vivo, ekstrak daun tanaman ini memiliki senyawa glikosida yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar.

Selain itu, kandungan tersebut juga mampu menghilangkan bekas luka pada kulit.

Manfaat daun jujuba dalam menyembuhkan luka bersumber dari kemampuan kandungan bioaktifnya mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

4. Mengatasi tukak lambung
Tukak lambung merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan yang disebabkan peradangan dari produksi asam lambung yang berlebih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun jujuba bertindak sebagai obat maag alami dengan mengurangi keasaman lambung.

Selain itu, senyawa antimikroba daun jujuba bermanfaat mengatasi infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini menyebabkan mulas, tukak lambung, dan mual.
Editor : Salma

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here