Home Sumsel Hebat, Petani Ini Ciptakan Pupuk Tanpa Bahan Kimia

Hebat, Petani Ini Ciptakan Pupuk Tanpa Bahan Kimia

KORDANEWS – Sejak tahun 2013, Hartani, seorang petani dari Desa Tanjung Agung Kecamatan Suka Merindu Kabupaten Lahat telah berhasil mengembangkan mikro organisme lokal atau mol. Penemuannya itu bisa menjadi bahan utama pembuatan pupuk organik satria.

Pupuk organik satria tersebut berasal dari campuran kompos kotoran sapi, ayam, kambing, dan jerami padi, lalu diampurkan menjadi satu lalu di beri mol, mol sendiri merupakan pengurai yang dapat menjadikan semua campuran tersebut menjadi pupuk agar bisa di aplikasikan ke berbagai macam tanaman.

“Ya produksi pupuknya sendiri sudah mencapai puluhan ribu ton setiap tahunnya dengan rata rata 1 ton per hari, saat ini saya berserta kelompok tani poktan maju a mengincar pasar regional dan memperkenalkan pupuk tersebut kepada petani di sumsel,” katanya kepada Kordanews.com

Hartani bersama Poktan Maju A kini telah berhasil menjangkau pasar lintas kabupaten kota salam penjualan pupuk organik, tujuannya adalah memberikan pemahaman serta menyebarluaskan dampak sayuran organik yang sehat dan bebas dari bahan kimia, pihaknya juga ingin agar sayuran yang sehat memang terbebas dari pengaruh kimia agar sayuran tersebut bisa benar benar menyehatkan apabila di konsumsi.

Sementara itu kepala uptd tph suka merindu dan pajar bulan subarjo mengakui terobosan petani dari desa tanjung agung kecamatan suka merindu meproduksi pupuk tanpa bahan kemia, “pak hartani ini juga sudah bekerjasama dengan pemerintah kabupaten lahat melalui dinas pertanian, sehingga dari tahun 2016, pihak dinas membeli pupuk tersebut ribuan ton untuk di perbantukan kepada petani di kabupaten lahat”beber subarjo.

Hartani juga akan mengembangkan kandungan lain agar pupuk organiknya menjadi lengkap, saat ini kandungan yang ada bisa untuk menangkal penyakit, memberikan kesuburan tanah dan memperbaiki tanah, serta memberikan daya tahan tanaman sehingga menjadi sehat segar dan berbuah lebat.(Hs)

editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here