Home Headline 2019 BUMD Sumsel Tak Dapat Kucuran Dana APBD 

2019 BUMD Sumsel Tak Dapat Kucuran Dana APBD 

 

KORDANEWS — Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tidak akan memberikan Penyertaan Modal Daerah (PMD) pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada 2019 mendatang.

“Ya, tahun ini tidak akan ada dana PMD, bagi BUMD Sumsel,” kata Mawardi saat diwawancarai diruang kerjanya Rabu (12/12).

Mawardi mengatakan PMD tersebut sifat nya tidak wajib. Bahkan, BUMD tersebut harus mampu menyumbang pendapat asli daerah bagi Pemda karena memang seharusnya keberadaan perusahaan plat merah milik harus memberikan kontribusi bukan menjadi beban Pemda dengan terus diberikan PDM. “BUMD jangan manja dan harus mandiri,” tegasnya.

Dari 14 BUMD, ada beberapa perusahaan yang memberikan kinerja baik. Kendati demikian ada pula perusahaan kinerja perusahaan yang merugi.

“Perusahaan yang merugi akan di amputasi. Ini terus dilakukan evaluasi, mana yang kinerja nya tidak baik dan tidak sehat akan langsung di ganti jajaran direksi,” katanya

Sejauh ini pihaknya telah mengganti direksi Prodexim, Bank Sumsel Babel, BPR Sumsel dan Swarna Dwipa. Sedangkan perusahaan ysng punya dikerja baik Jamkrida , PDPDE yang nantinya akan berganti menjadi perseroan terbatas.

“Keberhasilan suatu usaha tersebut sangat tergantung pada direksi. Makanya, jika BUMD tersebut tidak sehat langsung diganti,” tukasnya. (Ab)

Editor : Chandra Baturajo.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here