ODGJ Resahkan Masyarakat Lahat

KORDANEWS – Masyarakat di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan mendapatkan teror, tapi diteror oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) alias orang gila (orgil). Aksi orgil ini, bahkan sudah ramai di jejaring sosial warga Lahat.

 

 

 

Keresahan warga Kota Lahat ini bukan tanpa alasan. Orgil yang berperawakan kucal berbadan kurus ini, suka mengganggu warga Kota Lahat saat tengah berada di sekitar area Pasar Lematang, Lahat. Bukan sekedar mengoceh-ngoceh di tengah jalan, orgil yang kerap terlihat menggunakan peci ini bahkan suka meludah, menjambak rambut, hingga memeluk wanita yang berpapasan dengannya.

 

 

 

 

“Ngeri kalau ke pasar sekarang, rambut saya sudah pernah dijambaknya, bahkan hampir dipeluk. Beruntung ada mamang ojek yang tarik saya,” ujar Nur (27), warga Kota Lahat, Senin (20/11).

 

 

 

Belum diketahui jelas asal usul, maupun alamat Orgil yang kerap terlihat menghisap lem aibon itu. Mengingat warga sendiri takut jika harus mananyainya langsung. Namun dari penelusuran, orgil tersebut diduga bernama Taufik, warga Kelurahan Talang Jawa. Dan sudah terlihat berkeliaran di jalanan Kota Lahat, sekitar satu tahun terakhir.

 

 

 

“Kami berharap pemerintah ambil tindakan. Kami para wanita jadi takut kalau mau ke pasar. Bahkan katanya ada yang sampai dikejar-kejar,” katanya.

 

 

 

 

Semantara, Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Paur Humas, Aiptu Lispono menuturkan, dirinya sudah mendengar kabar itu sekitar satu minggu lalu. Bahkan kabarnya orgil yang berasal dari Kelurahan Pasar Lama tersebut, sudah kerap digebuk warga. Gara-gara suka menampar warga Lahat, khusnya wanita tanpa sebab.

 

 

 

“Ini kan Pasal 44, kita tidak bisa asal tangkap. Paling kita amankan, lalu kita serahkan ke keluarganya agar diberikan peringatan. Untuk warga lahat, kita imbau bisa waspada. Kalau berjalan ada si dia, kiranya bisa menghindar,” tutur Lispono. (Jmil)

 

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

lahat odgj orang gila sumsel

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...