Ada Korban, Sumsel Naikan Status Siaga Corona

KORDANEWS — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menaikan status Sumsel menjadi siaga yang sebelumnya berstatus waspada Covid-19 atau Virus Corona.

 

 

Dinaikkannya status tersebut karena dua orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di Sumsel telah meninggal dunia, Senin (23/3/2020) kemarin.

 

 

Meskipun sampai saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel belum mendapatkan hasil kedua korban dari laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

 

 

“Belum diberikan hasil apakah negatif atau positif untuk kedua korban ini. Tapi saya sudah tandatangani semalam (Senin), Sumsel naik status siaga Corona, “ujar Herman Deru, usai rapat bersama forkopimda, Selasa (24/3).

 

 

 

Selain itu, langkah yang akan diambil pihaknya setelah menaikan status Corona dengan menindaklanjuti Kepres nomor 9 Tahun 2020 dan Inpres nomor 4 Tahun 2020 tentang cadangan keuangan khusus pemerintah daerah guna menghadapi wabah ini.

 

 

 

“Fokus kita Repokus dan realokasi dan Pemprov Sumsel lakukan efisien dari tergambar dalam waktu singkat ini mencadangkan 100 Miliar dana untuk digunakan antisipasi dan dampak corona, “ungkapnya.

 

 

 

Bukan hanya itu, pihaknya terus menyiapkan tambahan ruang isolasi dan beberapa rumah sakit untuk menangani pasien PDP virus korona di Sumsel.

 

 

 

“Jika rumah sakit di Sumsel tidak bisa lagi menampung PDP virus korona, saya juga sudah siapkan wisma atlet di Jakabaring dan gedung asrama haji dengan total kapasitas bisa menampung 2000 orang,” pungkasnya. (Ab)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

Corona gubernur sumsel Herman deru Status Sumsel Siaga

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...