Home Sumsel Giatkan Bonsai Kelapa, Guna Bangkitkan Ekonomi di Pandemi Covid-19

Giatkan Bonsai Kelapa, Guna Bangkitkan Ekonomi di Pandemi Covid-19

KORDANEWS — Untuk menunjang pemulihan dan pertumbuhan kembali ekonomi kerakyatan di Kabupaten Lahat di saat Pandemi Covid-19 sekarang ini, para penggemar Bonsai Kelapa di Kabupaten Lahat gencar berburu berbagai jenis varian bibit kelapa untuk dijadikan Bonsai dan melakukan sosialisasi ke desa desa dengan maksud memberdayakan ekonomi desa hingga kabupaten.

Tumbuhan kelapa yang dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan multiguna tersebut, jika diolah dan dikemas dengan berbagai bentuk, maka akan menjadi salah satu komoditi yang punya nilai jual Tinggi di pasaran khususnya bagi penggemar jenis tanaman Bonsai itu sendiri.

Salah satu di antara banyak penikmat bonsai kelapa yang ada di Kabupaten Lahat adalah Penyayang Bonsai kelapa Lahat yang dikelola secara bersama sama, Eenk Muda mengaku kegiatannya dalam memelihara Bonsai Kelapa ini, bermula dari hobi semata.

“Berangkat dari kesamaan hobi dan persepsi, maka lahirlah Penyayang Bonsai Kelapa,” ucap Eenk Muda ketika ditemui di Basecamp Bonsai Ganda Taruna yang terletak di Kelurahan Talang berangin, Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, Sumatera selatan.

Dengan membeli bibit kelapa sampai ke pelosok desa yang ada di Kabupaten Lahat, kata dia, pihaknya berusaha untuk menjadikannya Bonsai, maka secara langsung dapat menggerakkan ekonomi di desa desa tersebut,” urai Eenk.
“Uniknya, kami tidak punya susunan kepengurusan karena masing masing dari kami hanya sebagai pehobby, dan kami tidak meng-klaim bahwa kami adalah komunitas”, ujar Ganda Taruna menambahkan.

Yang jelas, sebut Ganda, saat ini ia dan teman-teman sehobinya punya agenda yang sejak lama diwacanakan, yaitu menyelenggarakan Kontes dan Pameran Bonkla se-Indonesia

“Rencana akan digelar di Kabupaten Lahat dalam waktu dekat Dalam situasi Pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak sektor yang mengalami kemerosoran pendapatan ekonomi. Dengan adanya minat beli yang baik terhadap kelapa, maka ekonomi di banyak desa dalam ikut terdorong naik secara signifikan,” terang Ganda.

Sementara itu, Tirta KA juga menyampaikan, untuk rencana tentang pameran dan kontes Bonkla yang rencananya akan dilaksanakan nantinya mereka akan mengundang banyak komunitas penggemar bonsai yang ada di seluruh Indonesia.

“Dan saat ini, kami sedang menyiapkan segala sesuatunya terkait wacana tersebut,” beber Tirta. (Jml)

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here