Home Ekonomi Pelaku Usaha Sudah Mulai Gunakan QRis Dari Bank Indonesia

Pelaku Usaha Sudah Mulai Gunakan QRis Dari Bank Indonesia

 

KORDANEWS-Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi, pada saat ini pelaku usaha mulai dari tingkat bawah sampai pada tingkat paling atas sudah menggunakan alat pembayaran non tunai QRis yang dikeluarkan dari Bank Indonesia, untuk mempermudah melakukan transaksi walaupun berada di rumah.

Hal ini disampaikan oleh Hari Wibowo selaku Kepala Bank Indonesia cabang wilayah Provinsi Sumatera Selatan kepada KordaNews mengatakan “Alat transaksi QRis itu mudah, unggul, langsung dan untung, jadi kalau kita membicarakan digitalisasi jangan membayangkan sesuatu yang hightec yang tidak bisa dilakukan oleh masyarakat” ungkapnya setelah mengadakan pertemuan tahunan Bank Indonesia 2020, Optimisme Pemulihan Ekonomi di Arista Hotel Palembang.

Dikatakannya, sekarang ini penjual jamu sudah memakai digitalisasi, penjual rujak yang dorong pun sudah memakai digitalisasi, kalau di pasar-pasar para pedagang ada menggunakan kalung seperti ini (Ada Kartunya) mereka tinggal akses saja.

“Kalau dibilang digitalisasi hanya untuk sekmen tertentu saja, itu tidak sepenuh nya benar, kalau kita dilihat di Solo ada tungkang Bakso sudah memasang stiker yang ada barkotnya, jadi tinggal scanprint sudah bisa” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kalau kita bicara tentang rumah ibadah, kita sudah bisa melakukan donasi dengan menggunakan QRis atau scaning QRis. Sangat mudah kalau kita mengakses digital teknologi dalam bisnis bahkan sangat membantu, kalau kita bicara asosiasi pempek banyak pedagang Pempek nya sudah menggunakan QRis.

Menurutnya, kalau bicara dari teknik pembayaran seperti kita kata kan tadi, dari yang paling sederhana saja bisa di akses UMKM, seperti yang saya lihat pedagang rujak itu sudah menggunakan dan memasang stiker QRis di gerobak nya.

“Di pasar-pasar kita akan bantu untuk pemasangannya QRis dan mengaplikasi kan pembayaran digital untuk transaksi nya. Emang kita akan bantu termasuk penyelenggara dari sistem pembayaran dari perbankan secara aktif mencoba untuk menambah marcent QRis atau pembayaran lainnya. Karena sekarang ini provinsi Sumatera Selatan secara Nasional masuk posisi ke 8 pengguna marcentQrisnya dan untuk Sumatera di posisi ke 2 Setelah Sumatera Utara, pengennya kita tidak hanya mercentnya tetapi juga edukasi kepada pengguna nya” tegasnya. (eh).

 

Editor : Andra.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here