Home Sport Velencia Boikot Pertandingan Lawan Cadiz Setalah Diakhaby Dilecehkan

Velencia Boikot Pertandingan Lawan Cadiz Setalah Diakhaby Dilecehkan

KORDANEWS -Valencia keluar lapangan pada hari Minggu selama pertandingan Liga mereka dengan Cadiz setelah bek Mouctar Diakhaby mengklaim dia dilecehkan secara rasial oleh lawan, Juan Cala.

Diakhaby tampak kesal setelah pertengkaran dengan Cala, dengan permainan terhenti pada menit ke-30 saat keduanya bertengkar di lapangan.

Valencia terus berjalan keluar lapangan setelah insiden itu, dengan Diakhaby kemudian dilaporkan mendesak rekan satu timnya untuk kembali ke lapangan.

Apa yang terjadi?

Insiden itu dimulai dengan skor 1-1 pada menit ke-29, dengan bek tengah Diakhaby bergerak ke lini tengah untuk menghadapi Cala.

Saat permainan berlanjut di sekitar mereka, keduanya terlihat dalam pertukaran panas sebelum wasit memutuskan untuk memutuskan pasangan.

Diakhaby terlihat terlihat kesal saat rekan satu timnya berusaha untuk memecah pertengkaran sebelum beberapa pindah untuk menghadapi Cala sendiri. Valencia kemudian memilih untuk keluar lapangan untuk mendukung Diakhaby.

Setelah sekitar 15 menit, Valencia kembali ke lapangan, dengan klub mengatakan mereka melakukannya karena desakan Diakhaby bahwa permainan harus dilanjutkan.

Diakhaby, bagaimanapun, tidak kembali dan digantikan oleh Hugo Guillamon sementara Cala tetap di lapangan untuk Cadiz.

Cadiz kemudian memenangkan pertandingan 2-1 dengan Marcos Mauro mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-88.

“Diakhaby mengatakan kepada kami bahwa mereka telah menghinanya dan, dari Valencia, kami mengutuknya,” kata pemain Valencia Jose Gaya setelah pertandingan. “Kami meninggalkan lapangan untuk itu, tetapi mereka mengatakan kepada kami bahwa kami harus meninggalkan [ruang ganti] karena jika kami tidak melakukannya, mereka bisa mengambil tiga poin dan mungkin lebih banyak dari kami.

“Diakhaby telah memberi tahu kami untuk kembali ke lapangan dan itulah mengapa kami keluar. Dia ingin kami keluar. Tanpa izinnya, kami tidak akan melakukannya.”

Gaya menambahkan: “Dia belum siap untuk keluar. Dia tenggelam. Itu penghinaan yang sangat buruk, saya tidak akan mengatakannya. Cala adalah yang terakhir keluar ke lapangan dan tidak berbicara dengannya.”

FIFPro menyatakan “keprihatinan serius” tentang insiden itu dan mengatakan hal itu mengungkap kurangnya perlindungan bagi para pemain dalam menghadapi diskriminasi.

“Situasi di pertandingan [Cadiz vs Valencia] hari ini menimbulkan kekhawatiran serius. Kami akan memantau situasi di sekitar pertandingan bersama dengan rekan-rekan kami dari [Asosiasi Pesepakbola Spanyol],” bunyi pernyataan yang dimuat di Twitter.

“Meskipun masih banyak yang harus diselidiki, anggapan bahwa ada tekanan terhadap tim yang menanggapi solidaritas kolektif dengan rekan satu tim untuk melanjutkan pertandingan di bawah ancaman sanksi menunjukkan kelemahan baik dalam peraturan maupun tanggapan terhadap tindakan anti-diskriminasi.

“Acara malam ini kembali menunjukkan bahwa protokol yang dibuat untuk melindungi pemain dalam situasi pelecehan diskriminatif sebenarnya memprioritaskan perlindungan pertandingan, yang tidak hanya merupakan kegagalan sistem tetapi juga dapat lebih merugikan individu yang sudah terkena dampak.”

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here