Home Sport Juventus Ikut Ramaikan European Super League

Juventus Ikut Ramaikan European Super League

KORDANEWS – European Super League telah resmi bakal digelar. Kejuaraan tersebut melibatkan sejumlah klub raksasa Eropa, dan Juventus dipastikan ikut di dalamnya.

Pada Minggu (18/4/2021) malam WIB, UEFA dan FIFA mengeluarkan pernyataan terkait penyelenggaran European Super League. Kedua organisasi sepak bola tersebut menentang rencana tersebut dan telah menyiapkan sanksi buat siapapun yang terlibat.

Kendati demikian, para penyelenggara kompetisi tersebut tetap pada sikapnya. Bahkan, mereka memastikan bahwa kompetisi akan tetap berlangsung meskipun adanya ancaman keras dari UEFA maupun FIFA.

Satu persatu klub yang sudah sepakat mengikuti ajang tersebut pun bermunculan. Salah satunya Juventus, yang melalui situs resminya menyampaikan partisipasinya dalam European Super League bersama sejumlah raksasa Eropa lainnya.

Pernyataan Juventus
Dari pernyataannya, diketahui sudah ada 12 klub besar Eropa yang memastikan diri ikut European Super League. Selain Juventus, AC Milan dan Inter Milan juga dinyatakan sebagai wakil dari italia yang mengikuti kompetisi itu.

“Klub sepakat untuk bergabung dengan Super League dalam jangka panjang. Klub papan atas Eropa tambahan diharapkan bergabung dengan proyek Super Lague, mencapai kelompok inti hingga 15 anggota pendiri permanen yang akan dilengkapi setiap tahun oleh lebih banyak klub berdasarkan proses penerimaan, menghasilkan 20 klub secara agregat,” begitu bunyi pernyataan Juventus.

“Para klub pendiri akan terus bermain di berbagai kompetisi domestik masing-masing dan, sampai peluncuran Super League yang sebenarnya, Juventus bersedia untuk berpartisipasi dalam kompetisi Eropa yang diperbolehkan.”

Dalam pernyataan itu juga, diketahui kalau Juventus beserta para klub pendiri akan diberikan dana total sebesar 3,5 miliar euro sebagai uang muka. Yang artinya, pendapatan Bianconeri dari European Super League masih bisa lebih besar lagi.

“Perjanjian tersebut menetapkan bahwa, sehubungan dengan peluncuran Super League yang sebearnya dan tunduk pada penjualan hak media terkait kompetisi, klub pendiri bakalan menerima hibah bersih di muka sekitar 3,5 miliar euro.”

“Hibah tersebut, yang akan dibagikan di antara klub pendiri sesuai dengan presentase yang akan ditentukan berdasarkan jumlah tim, diharapkan akan didanai di bawah pengaturan pembiayaan yang sesuai ditanggung oleh pemberi pinjaman internasional utama.”

La Gazzetta dello Sport mengabarkan kalau penyelenggara Serie A sudah melakukan pertemuan mendadak untuk mendiskusikan para klub besar Italia yang mengikuti European Super League. Diskusi tersebut berlangsung selama satu jam.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here