Home Ekonomi Bukan Hanya Wacana, ICSB Sumsel Tunjukan Keseriusan Majukan UMKM Sumsel

Bukan Hanya Wacana, ICSB Sumsel Tunjukan Keseriusan Majukan UMKM Sumsel

Ketua Kordinator Wilayah ICSB Sumsel saat lakukan pembekalan UMKM di YPAC Palembang

KORDANEWS — Indonesia Council for Small Business (ICSB) Sumatra Selatan (Sumsel) berikan pembekalan para Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) Disabilitas Palembang di tengah kondisi Pandemi COVID-19.

Ketua Kordinator Wilayah ICSB Sumsel, Samantha Herman Deru menyampaikan tujuan pihaknya memberikan pembekalan terhadap Disabilitas merupakan wujud keseriusan untuk memajukan UMKM di Sumsel.

Apalagi, menurutnya para penyandang disabilitas juga harus mempunyai hak kesetaraan yang sama dengan orang normal secara fisik. Terutama dalam hal membuat karya atau suatu produk untuk dijual.

“Mereka bukan kelompok yang lemah yang perlu dikasihani seperti yang sering dipikirkan orang. Tapi yang mereka ingin bersosialisasi seperti orang biasa serta menunjukkan prestasi yang dimiliki mereka, ” kata dia, saat menghadiri Kegiatan ICSB Peduli Disabilitas di aula YPAC, Kota Palembang, Selasa (27/4).

Sasa panggilan akrabnya pun telah melihat secara langsung produk UMKM yang dibuat kaum disabilitas. Dirinya mengungkapkan sangat mengapresiasi karena produk tersebut sangat berkualitas bahkan berdaya saing dengan buatan orang normal fisiknya.

“Ini bukti nyata produk yang dihasilkan mereka. Saya yakin jika ini pemasaran maksimal pasti luar biasa dapat meningkatkan ekonomi mereka, ” ungkapnya.

Sasa pun menjelaskan ada beberapa program yang akan dilakukan ICSB dalam
memajukan perekonomian Sumsel. Seperti fokus mendampingi para UMKM Disabilitas mulai dari kualitas hingga pemasaran produk agar dapat lebih maju.

Tak hanya itu, ICSB akan enjadi informasi bagi UMKM Disabilitas jika ada bantuan dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Provinsi seperti KUR atau bantuan lainnya.

“Ini merupakan program pertama, bagaimana ICSB sumsel selalu fokus terhadap pengembangan UMKM dan salah satunya memajukan UMKM Disabilitas, ” ujar Sasa.

Selain itu, pihaknya memberikan program bagaimana tetap bertahan di masa Pandemi COVID-19 dengan cara terjun untuk jualan lewat digital didampingi para anggota ICSB Sumsel.

Selain abertahan UMKM juga harus bisa naik kelas. Menurut Sasa langkah jni juga dapat dilakukan antara Pengusaha besar dan pengusaha kecil untuk saling membantu.

“Dorongan terhadap UMKM tak hanya jargon atau wacana. Tetapi benar-benar di implementasikan menjadi sebuah upaya bersama memajukan pelaku usaha, ” jelas dia.

Seusai mendatangi YPAC, Ketua Korwil ICSB Sumsel, Samantha Herman Deru lakukan sosialisasi di Panti Jompo dan UMKM yang berada di pinggir kota Palembang.

 

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here