Home Peristiwa Perusahaan Travel AKAP Terdampak Larangan Mudik, Sopir Dan Kernet Jadi Buruh Serabutan

Perusahaan Travel AKAP Terdampak Larangan Mudik, Sopir Dan Kernet Jadi Buruh Serabutan

KORDANEWS – LAHAT – Larangan mudik lebaran sudah bakal berlaku. Kebijakan itu berdampak terhadap perusahaan angkutan jalan antar kota dalam provinsi (AKAP). Baik travel maupun bus di Kabupaten Lahat yang bakal banting setir. Untuk sopir travel, selain buruh serabutan juga melayani jasa sarteran. Sementara sopir bus banting setir jadi pedagang.

Salah satu perusahaaan angkutan di Kabupaten Lahat, agen travel Putra Anugerah Wisata (PAW), Andi selaku pengurus travel PAW mengatakan, memasuki 6 Mei mendatang, pihaknya stop operasi, mengingat adanya kebijakan larangan mudik tersebut. Travel PAW sendiri melayani jurusan Palembang, Lampung, Curup, Bengkulu, Lubuk Linggau, Jambi dan Padang.

“Sopir tidak mau berangkat karena ada larangan tersebut. Jadi kita taati aturan,” ungkap Andi, Minggu(02/05)

Sementara kegiatan sopir, seperti tahun sebelumnya menjadi buruh serabutan, bisa buruh bangunan dan lainnya. Sembari menunggu bila ada jasa sarteran kendaraan dalam kota saat suasana lebaran nanti.

Sementara untuk penumpang, selama sepekan ini mulai sepi. Namun pada pekan sebelumnya cukup ramai bila dibandingkan pekan lainnya. “Minggu kemarin sampai 10 mobil berangkat. Kalau sekarang cuma 4 mobil yang berangkat,” tambahnya.

Senada disampaikan, Yogi (45), Pemilik PT Beringin Cabang Lahat, mini bus jurusan Lubuk Linggau, Sarolangun dan Jambi, pihaknya akan menuruti aturan larangan mudik. “Karena kita mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran covid-19, dan berharap covid segera berakhir,” ungkapnya.

Untuk penumpang, sejak pandemi tidak ramai seperti keadaan normal. Jadi, walaupun ada hari dimana penumpang ramai, menutupi hari lainnya yang sepi penumpang. “Jadi kalau dibilang ada peningkatan, saat pandemi ini tentu tetap sepi. Untuk itu berharap covid-19 segera berakhir, dan kondisi kembali normal. Jadi penumpang bisa kembali ramai,” bebernya.

Editor : Adm.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here