Home Peristiwa Ratusan Warga Seruduk PT. Aditara, Mintak Kembalikan Lahan

Ratusan Warga Seruduk PT. Aditara, Mintak Kembalikan Lahan

KORDANEWS – Ratusan warga dari Desa Suka Merindu, Lubuk Seketi, Jajaran Lama dan Purworejo, Kecamatan Kikim Barat menggeruduk PT Aditarwan. Warga datang kesana, tindak lanjut dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lahat yang memfasilitasi permasalahan lahan antara warga dan perusahaan.

Koordinator warga, Firdaus menuturkan bahwa permasalahan lahan sawit ini terjadi sejak tahun 1996 atau sudah 25 tahun lebih. Sehingga pihaknya mendatangi lokasi PT Aditarwan. “Jadi warga meminta lahan itu, dikembalikan,” bebernya

Terpisah, Manager Humas PT Aditarwan, Yulius mengatakan permasalahan ini sudah bergejolak tahun 2005. Kemudian 2012, pihak ahli managemen sudah menyelesaikannya di 6 desa yakni Lubuk Seketi, Jajaran Lama, Suka Merindu, SP 1 Wanarawaya, SP 3 dan Bandarjara. Sementara SP 6 Purworejo masuk lahan plasma. “Kalau plasma selesaikan antar sesama dan BPN,” bebernya.

Dikatakannya, bahwa pihaknya tidak mau ada konflik sosial dan mengaku tidak mau disalahkan. “Kalau hak masyarakat silahkan jalur tempuh jalur hukum, biar Pengadilan memutuskan,” ujarnya.

Sementara, Kapolres Lahat, AKBP Achmad Gusti Hartono mengatakan pihaknya hadir sebagai pengaman agar jangan sampai terjadi bentrok. “Silahkan permasalahan ini diselesaikan bersama pihak berwenang,” ucapnya saat di lokasi.

Inti dari pertemuan antara warga, kuasa hukum dan perusahaan serta pihak terkait bahwa mereka sepakat untuk melakukan verifikasi lahan. Kemudian mendorang Kepala Daerah untuk menandatangani SK yang sudah terbentuk (SK untuk penyelesaian konflik lahan 4 desa dengan PT Aditarwan). (Jml)

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here