Home Sumsel Tiga Varian Buah Ini Menjadi Produk Unggulan Kabupaten Lahat

Tiga Varian Buah Ini Menjadi Produk Unggulan Kabupaten Lahat

KORDANEWS – Tiga macam buah menjadi produk unggulan di Kabupaten Lahat. Mulai dari Durian Lingsing, Durian Kebau dan Salak. Kedua Durian tersebut telah memiliki tanda daftar varietas dari Kementerian Pertanian, sedangkan Salak sudang mengantongi sertifikat prima tiga.
Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Lahat, Eti Listina melalui Kelompok Jabatan Fungsional, Siti Rochmah SP mengatakan,  untuk Salak Organik berada di Kecamatan Jarai, Durian Lingsing di Kecamatan Kikim Selatan dan Durian Kebau dari Kecamatan Mulak.
“Sebenarnya ada juga buah Manggis dari Kecamatan Pseksu tapi belum dapat tanda daftar varietas dari Kementerian Pertanian,” ujarnya, Rabu (27/10).
Sementara, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dian Iskandar SP menjelaskan, sertifikat prima 3 diberikan untuk memberikan jaminan dan perlindungan kepada konsumen bahwa pangan buah dan sayuran segar yang dikonsumsi memiliki mutu baik dan aman (bebas pestisida) untuk dikonsumsi. “Dalam arti bebas bahan kimia yang berbahaya,” jelas Dian.
Kemudian, lanjut Dian dikarenakan sertifikat ini akan dinilai dan dievaluasi setiap tahun, maka kelompok tani diminta agar terus menerapkan teknik teknik budidaya organik.
“Golnya sehingga dapat tetap memiliki hak sebagai produsen produk buah Salak Organik,” pungkasnya.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here