Home Ekonomi Budidayakan Porang, Jikermansyah Berharap Bisa Menginspirasi Warga Lahat

Budidayakan Porang, Jikermansyah Berharap Bisa Menginspirasi Warga Lahat

KORDANEWS – Pertanian porang mulai bergeliat di Kabupaten Lahat. Jikermansyah, Pemuda di Desa Sukananti Kecamatan Mulak Ulu Kabupaten Lahat, membudidayakan porang sebagai langkah komoditi lain dalam hal pertanian.
Jiker mengatakan, dia menanam porang di lahan seluas 1,5 hektar, porang pisang itu tumbuh subur di lahan miliknya yang merupakan lahan pesawahan.
“Saya tanam sebanyak 35 ribu bibit katak, 7 ribu bibit umbi dan 50 ribu bibit spora. Karena untuk lahan seluas 1,5 hektar perlu bibit yang tidak sedikit,” ujar dia, Rabu (12/01/2022).
Saat ini, sebagian besar lahan pertanian di Kabupaten Lahat masih di dominasi dengan tanaman pangan dan holtikultura, serta perkebunan kopi, karet dan sawit, masih sangat sedikit sekali masyarakat yang membudidayakan porang.
“Kalau potensi hasil porang ini sangat menjanjikan, karena saya pernah tanam sebelumnya, namun untuk luasan lahan yang sangat sedikit, sekitar 1,4 hektar. Namun saya terus kembangkan lagi menjadi 1,5 hektar,” ungkap dia.
Porang memang menjadi salah satu tanaman yang dilirik dunia saat ini, karena dapat dimanfaatkan untuk pangan dan produk kecantikan.
“Beras Sirataki merupakan beras porang, dengan harga yang tinggi. Sehingga banyak negara yang membutuhkan pasokan porang, karena pertanian tidak bisa mencukupi kebutuhan mereka,” ujar dia.
Sementara itu, Ivan petani porang di Desa Geramat Kecamatan Mulak Ulu mengaku, msaki terbilang tanaman baru, namun dirinya optimis porang dapat menjadi solusi meningkatkan kesejahteraan petani.
“Saya yakin ya, karena permintaan pasarnya tinggi, dan produksi yang ada sekarang, belum bisa memenuhinya. Ini merupakan salah satu peluang yang mesti diambil petani, agar dapat memperbaiki pendapatan atau income petani,” tutur dia.
Editor : Admin.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here