Home Health Buah Salak bagi Kesehatan dan Nutrisinya

Buah Salak bagi Kesehatan dan Nutrisinya

KORDANEWS – Buah salak merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Rasanya yang khas dan kulit luarnya yang unik membuat buah ini cukup banyak digemari.

Namun di balik itu semua, buah salak mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Sudah tahukah Anda tentang berbagai manfaat buah salak ini?

Nutrisi yang terkandung dalam buah salak
Salak merupakan buah asli Indonesia yang banyak tumbuh di Jawa dan Sumatera.

Saat ini, salak telah banyak dibudidayakan di berbagai negara, seperti Malaysia, Australia, dan lainnya. Salak yang terkenal dan banyak digemari, yaitu salak pondoh dan salak bali.

Salak memiliki cangkang yang mirip dengan sisik ular sehingga kerap disebut sebagai snake fruit.

Daging buah salak berwarna putih dengan rasa yang manis dan asam. Di dalam buah salak, terdapat biji berwarna cokelat yang memiliki ukuran bervariasi tergantung besarnya buah.

Tentu, manfaat buah salak berasal dari gizi yang terkandung.

Kandungan salak terdiri dari segudang nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti protein, zat besi, kalium, kalsium, beta karoten, karbohidrat, fosfor, dan berbagai antioksidan.

Tidak hanya itu, salak mengandung vitamin A dan vitamin C.

Selain itu, buah salak juga dianggap mengandung unsur-unsur penting, seperti halnya senyawa fenolik dan serat makanan.
Nutrisi tersebut menjadikan buah salak sehat dan bermanfaat. Kalori buah salak sebanyak 100 gram adalah 82 kkal. Ada pula kandungan 4 persen lemak, dan 1 persen protein.

Manfaat buah salak untuk kesehatan
Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah salak membuat buat ini sangat layak untuk dikonsumsi secara rutin. Adapun manfaat buah salak untuk kesehatan, di antaranya:

1. Baik untuk kesehatan mata

Beta karoten sebagai antioksidan kuat yang terkandung dalam salak dapat membantu menjaga kesehatan mata, termasuk bagi penderita rabun jauh.

Selain itu, manfaat buah salak dari senyawa ini dapat menurunkan risiko degenerasi makula (masalah mata kronis) dan memperlambat perkembangan katarak seiring bertambah usia.

Kandungan beta karoten dalam buah salak lima kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam buah mangga dan semangka.

2. Membantu menurunkan berat badan
Kandungan buah salak yang kaya serat dan antioksidan yang tinggi dalam buah salak membuatnya baik dikonsumsi ketika diet.

Kalorinya yang rendah juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Sementara, kalsium dan karbohidrat yang terkandung dalam salak dapat memberi tubuh energi meski sedang diet.

3. Meningkatkan kesehatan tubuh
Salak merupakan buah padat nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan vitamin buah salak dan mineral dapat membantu menjaga fungsi tubuh dengan baik.

Sementara, antioksidan dalam buah salak berguna melawan kerusakan sel dan jaringan tubuh. Selain itu, buah salak manfaatnya untuk menjaga kekebalan tubuh.

Sebab, kandungan buah salak, yaitu vitamin C, mampu mengatasi beragam infeksi.
Terbukti, orang yang kekurangan vitamin C rentan terhadap infeksi dan kekebalan tubuhnya terganggu. Hal ini pun dipaparkan dalam riset dari Nutrients.

4. Meningkatkan energi
Manfaat buah salak mampu memberikan energi. Sebab, karbohidrat yang terkandung dalam buah salak dapat diubah menjadi energi sepanjang hari.

Selain itu, buah salak dipercaya mampu meningkatkan stamina dan menstimulasi metabolisme sehingga meningkatkan energi pada tubuh Anda.

5. Menjaga kesehatan jantung

Sebab, kandungan buah salak kaya akan kandungan kalium yang sehingga mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, serta dapat menjaga kesehatan jantung.

Jumlah antioksidan dan mineral yang tinggi dalam salak juga bisa menjaga fungsi sistem kardiovaskular dengan baik, serta membantu pengaturan air dalam tubuh Anda.
6. Melawan gangguan pencernaan
Salak memiliki kandungan serat dan vitamin. Dalam hal ini, manfaat buah salak untuk pencernaan membantu meredakan sakit perut, buang air besar tidak teratur, perut kembung, diare, dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, kulit salak mengandung senyawa yang bisa mengobati diare.
7. Menguatkan ingatan
Manfaat buah salak ternyata baik untuk otak. Kandungan buah salak yang terdiri dari potasium, beta karoten, dan pektin yang tinggi mampu meningkatkan aliran darah ke otak.

Hal ini bisa membuat fungsi kognitif tubuh dan daya ingat menjadi meningkat.

Oleh sebab itu, salak juga dijuluki sebagai “memory fruit”.

Bukan hanya itu, kandungan nutrisi dalam salak pun dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dan mencegah penyakit neurodegeneratif (seperti parkinson atau alzheimer).

8. Mengontrol kadar gula darah
Kulit buah salak yang dibuat menjadi teh dapat membantu regenerasi sel di pankreas yang mengontrol gula darah.

Selain itu, salak juga mengandung pterostilbene (senyawa penurun glukosa darah) yang mampu mengendalikan diabetes.

Kandungan buah salak yang kaya serat juga sangat baik untuk mengatur kadar gula darah.
Meski salak mengandung karbohidrat, serat tersebut dapat mencegah lonjakan gula darah sehingga bisa mengendalikan diabetes.

Editor : babayaga

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here