Home Headline Harga Tomat Di Pasar Tradisional Baturaja Melonjak Drastis

Harga Tomat Di Pasar Tradisional Baturaja Melonjak Drastis

KORDANEWS — Harga tomat di pasar tradisional Baturaja, kabupaten Ogan Komering Ulu, mengalami kenaikan yang cukup signifikan pada awal tahun ini. Hal ini terjadi diduga akibat peralihan musim.

Para pedagang mengaku kenaikan harga tersebut seiring dengan perayaan tahun baru 2024. Sebelumnya harga tomat di pasaran hanya sekitar Rp.15.000/ Kg, namun kini harga tersebut merangkak naik hingga mencapai Rp.25.000/Kg.

Seperti dialami Ujang, pedagang di pasar Pocok Baturaja, bahwa kenaikan tersebut terjadi secara tiba-tiba pada bulan Januari ini. Beberapa pedagang terpaksa menyesuaikan harga jual untuk menyeimbangkan kenaikan harga dari pemasok, jelasnya.

Selain tomat, beberapa bahan pokok seperti bawang merah dan bawang putih juga mengalami kenaikan meskipun tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan, tambah Ujang.

Kenaikan itu sendiri, mempengaruhi minat beli Masyarakat, para pedagang sendiri mengaku harus merugi jika tomat yang dibeli tidak laku dijual. Untuk itu para pedagang mensiasati mengambil tomat dengan jumlah sedikit. (mb)

Editor : Surya S

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here