Home Sumsel Pj Gubernur Sumsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Banjir Muratara

Pj Gubernur Sumsel Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Banjir Muratara

KORDANEWS – Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni meninjau langsung titik lokasi banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara sekaligus menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak. Setidaknya ada 23 ribu Kepala Keluarga dari 6 Kecamatan yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Rawas dan Sungai Rupit.

Setiba di Muratara Agus Fatoni meninjau langsung salah satu jembatan gantung yang putus akibat diterjang banjir kemarin di Desa Lesung Batu, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara.

Ada 9 jembatan gantung rusak diantaranya 6 putus dan tiga akibat diterjang banjir, sehingga menghambat aktivitas perekonomian Masyarakat. Selain itu 77 sekokah dan 55 fasilitas kesehatan terendam banjir.

Sementara itu ada 23.161 rumah warga terdampak dengan katagori 2 hanyut, 11 rusak berat, 10 rusak ringan dan 23.136 terendam air.

Untuk itu Pj Gubernur Agus Fatoni gerak cepat turun langsung guna memastikan situasi yang terjadi di Masyarakat, sehingga apa yang menjadi persoalan bisa segera diambil kebijakan.

Setelah dilihat langsung Agus Fatoni mendapati putusnya transfortasi masyarakat akibat jembatan putus sehingga perekonomian masyarakat terhambat, tentunya ini menjadi tugas bersama pemerintah provinsi bersama kementerian pekerjaan umum dan juga pemerintah Kabupaten Muratara.

Selain meninjau fasilitas yang rusak, Pj Gunernur Sumsel juga meyerahkan langsung bantuan kepada masyarakat guna mencukupi kebutuhan bagi masyarakat yang terdampak banjir.

Bantuan yang salurkan berupa, susu balita, susu ibu hamil, makanan siap saji, sembako, pakaian, selimut, kasur dan juga tenaga personil guna meringankan beban bagi msyarakat yang terdampak banjir, jelas Pj Gubernur Sumsel, Agus Fathoni.

Bantuan ini akan didistribusikan secara porprosional berdasarkan data pemetaan wilayah terdampak banjir, Gubernur memastikan penyaluran harus sampai ke wiialayah yang sulit dijangkau karena terisolir, dengan mnggunakan transfortasi air agar bantuan sampai tepat waktu, tepat sasaran dan tepat manfaat. Penyaluran bantuan melibatkan sinergritas dukungan unsur TNI dan Polri.

Selain meninjau lokasi yang terdampak, Pj Gubernur juga meninjau posko induk penanggulangan bencana banjir.

Agus Fathoni juga mengajak seluruh masyarakat di Sumsel untuk mengantisipasi bencana sejak dini karena saat ini sedang musim penghujan kemungkinan lonsor terjadi kapan saja, sehingga mengajak warga untuk menjaga lingkungan sekitarnya, tambahnya. (mb)

Editor : Surya S

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here