Home Health Manfaat Lemak Nabati yang Katanya Lebih Sehat

Manfaat Lemak Nabati yang Katanya Lebih Sehat

KORDANEWS – Berdasarkan sumbernya, lemak dibagi menjadi lemak hewani dan lemak nabati. Lemak nabati sering kali digadang-gadang sebagai sumber lemak tak jenuh yang sehat dengan manfaat yang lebih banyak dibandingkan lemak hewani. Benarkah?

Apa itu lemak nabati?
minyak jarak, obat pencahar sembelit alami

Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari biji atau bagian lain dari suatu tanaman. Seperti lemak hewani, lemak nabati juga dapat berbentuk padat atau cair dalam suhu ruangan. Lemak yang berbentuk cair lebih umum dikenal sebagai minyak nabati.

Produsen membuat minyak nabati dengan cara mengambil minyak dari bagian tertentu suatu tanaman. Proses ini bisa dilakukan secara mekanik dengan menghancurkan biji tanaman atau secara kimiawi menggunakan pelarut.

Produsen kemudian dapat memurnikan minyak yang telah diekstrak dari tanaman. Bila perlu, produsen minyak juga dapat melakukan pemurnian lebih lanjut atau mengubah sifat-sifat minyak nabati menggunakan bahan kimia.

Secara kimiawi, lemak nabati tidak berbeda dengan lemak hewani yang sama-sama tersusun atas trigliserida. Minyak dari tanaman juga mengandung lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, serta lemak trans (pada produk-produk tertentu).

Minyak nabati yang kaya akan lemak tak jenuh antara lain minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak canola, dan minyak kedelai. Sementara itu, minyak yang tinggi kandungan lemak jenuh yakni minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak inti sawit.

1. Mengontrol kadar kolesterol
Minyak nabati merupakan sumber lemak tak jenuh, khususnya dalam bentuk omega-3 dan omega-6. Contoh minyak yang paling banyak mengandung keduanya yakni minyak wijen, minyak biji anggur, minyak safflower, dan minyak bunga matahari.

Omega-3 dan omega-6 dapat membantu menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein) serta mengontrol kolesterol darah total ke tingkat lebih sehat. Dengan cara ini, keduanya turut membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan dan fungsi otak
Minyak kacang tanah dan minyak almon, tidak hanya kaya akan lemak berupa omega-3, tetapi juga vitamin E. Asupan omega-3 dan vitamin E yang cukup merupakan kombinasi tepat untuk fungsi otak yang sehat.

Omega-3 membantu membentuk myelin, yakni selubung lemak yang melindungi saraf dan mempercepat pengiriman sinyal saraf. Sementara itu, vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Membantu menjalankan berbagai fungsi tubuh
Selain menyediakan cadangan energi bagi tubuh, lemak juga memiliki banyak fungsi lainnya. Lemak dari minyak nabati dapat menjadi bantalan yang melindungi organ vital, menghangatkan tubuh, serta membantu menjalankan fungsi sel.

Tubuh juga memerlukan lemak untuk menjalankan fungsi sistem imun tubuh dan membentuk hormon-hormon penting. Tanpa asupan lemak yang memadai, tubuh Anda tidak dapat menjalankan semua fungsi penting ini.

Editor : jhonk

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here