Home Headline Jumlah Kendaraan Melintas Terus Meningkat, Jalintim Macet Total Hingga 1,5 Kilometer

Jumlah Kendaraan Melintas Terus Meningkat, Jalintim Macet Total Hingga 1,5 Kilometer

KORDANEWS – Pemudik terjebak macet 2 jam di Jalan Lintas Timur Pelembang-Indralaya atau Jalintim Palindra, Minggu 07 April 2024 di H-3 Lebaran Idul Fitri 1445 hijriah.

Hal ini lebih diakibatkan Jalintim Palindra yang padat pengguna jalan ditambah masih adanya kendaraan-kendaraan besar yang melintas.

Salah satu pemudik, Rusli saat diwawancarai mengaku, dirinya dan keluarganya hendak mudik lebaran ke Provinsi Lampung.

“Kami sengaja tidak melintas tol, untuk menghemat biaya. Kan kalau lewat tol mahal, tapi apesnya ketika melintas di jalan lintas di Ogan Ilir ini terjebak macet 2 jam dari Palembang ke Indralaya,” tuturnya.

Biasanya katanya, tiap tahun dia dan keluarga besarnya selalu mudik ke kampung halaman di Lampung dengan melakukan jalan lintas Sumatera.

“Tahun kemarin sepi jalan lintas, tahun ini luar biasa ramai. Ya, dampak kenaikan tarif tol kali,” imbuh Rusli yang terlihat kecapean saat membawa mobil dengan kondisi jalan macet.

Pemudik lain, Hatno warga Jakarta juga mengaku sempat terjebak macet di Jalan Lintas Timur Palembang-Indralaya.

“Jalan lintas, kita butuh 2 jam sampai ke Indralaya dari Palembang,” ungkapnya.

Apalagi katanya, masih adanya kendaraan-kendaraan bertonase besar yang melintas. “Truk besar penyebabnya, masih aja melintas padahal kan tidak boleh lagi,” terangnya.

Dibeberkan Hatno, biasanya dari Palembang ke Indralaya bisa ditempuh dengan waktu satu jam. “Ini ditambah macet Pasar Indralaya,” katanya.

Tampak terlihat, kemacetan mulai dari Overpass Tol Simpang Indralaya-Prabumulih hingga Pos Layanan Simpang Sakatiga sepanjang lebih kurang 1,5 kilometer.

Terpisah Kepala Pos Layanan Simpang Sakatiga OPS Ketupat 2024, Ipda Hadi Wijaya mengakui, H-3 jelang lebaran Idul Fitri 1445 hijriah terjadi peningkatan Volume kendaraan di jalan lintas.

“Kita berusaha mengurangi kemacetan yang terjadi dengan cara merekayasa jalan dan memindahkan rute kendaraan untuk melewati jalur alternatif yang telah disediakan,” tuturnya.

Editor : Admin

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here