Home Headline Warga Lubuklinggau Kehilangan Hak Kewarganegaraan WNI

Warga Lubuklinggau Kehilangan Hak Kewarganegaraan WNI

KORDANEWS – Aneh tapi nyata, seorang warga kota Lubuklinggau, yang merupakan Warga Negara Indonesia tiba-tiba berubah Kewarganegaraan menjadi Warga Negera Malaysia. Kejadian yang membingungkan itu dialami seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil, bikin heboh dan viral di Media Sosial.

beginilah situasi rumah milik marliah/ seorang pensiunan guru pns yang berada di jalan lakitan/ kelurahan pasar satelit/ kecamatan lubuklinggau utara dua/ sumatera selatan//

Marliah, warga Kelurahan Pasar Satelit, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, hanya bisa menangis saat mengetahui identitasnya sebagai Warga Negara Indonesia tiba-tiba berubah menjadi Warga Negara Malaysia.

Asal mulanya kasus ini diketahui ketika adanya permasalahan pada 12 Desember 2022, ketika anak dari Marliah hendak mengurus NPWP dan datanya selalu tidak sikron, lalu Marliah mendatangi kantor Disdukcapil kota Lubuklinggau untuk mengecek data. Setelah di ketahui ternyata identitas Kartu Keluarga dari Marliah sudah terpisah dengan anaknya.

Saat dicek ternyata data Marliah sudah tidak lagi terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia, dan Marliah sudah pindah Kewarganegaraan Malaysia. Padahal Marliah sendiri mengaku tidak pernah pergi ke Malaysia. Marliah mengaku pernah berangkat keluar negeri untuk menjalankan ibadah Haji ke Tanah Suci pada tahun 2007, dan pada saat itu data masih sebagai Warga Negara Indonesia, jelas Marliah.

Sementara Asisten I Kota Lubuklinggau, Ira Dwi Arianti menjelaskan, setelah di selidiki kejadian ini terjadi akibat adanya kesamaan NIK Mardiah sama persis warga Lubuklinggau yang pindah ke Malaysia, hanya berbeda lokasi tempat lahir, ungkapnya. (mb)

 

Editor : Surya S

 

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here