Home Headline Viral di Medsos, Pemkab Muara Enim Tutup Jembatan Gantung Beruge

Viral di Medsos, Pemkab Muara Enim Tutup Jembatan Gantung Beruge

KORDANEWS – Pasca rusaknya jembatan gantung di Desa Beruge menuju desa Tanjung, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim yang menjadi viral di medsos beberapa waktu lalu, Pemkab Muara Enim meninjau langsung ke lokasi jembatan gantung tersebut.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muara Enim, Mhd.Tasman mengatakan, berdasarkan intruksi Bupati pihaknya bersama rombongan FKPD dan unsur Muspida langsung mengecek ke lokasi jembatan tersebut.

“Untuk sementara Pemda menutup jembatan tersebut agar jangan dilewati dulu sebelum ada perbaikan,” ujarnya.

Menurutnya, panjang jembatan tersebut 145 meter. Dulunya jembatan gantung itu mengunakan plat pada tahun 2014. Namun, jembatan tersebut sudah beberapa kali dibangun tetap saja rusak. Kemudian direhab lagi dengan mengunakan papan untuk lantainya dan masih saja rusak.

“Hingga hari ini, jembatan tersebut jadi rusak parah dan tidak bisa dilintasi lagi oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dikatakan Tasman, Untuk pembangunan jembatan gantung tersebut harus dipindahkan ketempat lain supaya tidak rusak lagi.

Oleh karena itu, untuk pemindahan jembatan tersebut harus ada masyarakat yang ingin menghibahkan lahan untuk memindahkan jembatan agar bisa dibangun.

“Kami sudah koordinasikan dengan PU PR Muara Enim. Kalau pemerintah desa sudah menyiapkan lahan untuk pembangunan jembatan tersebut. Maka, PU akan memasukan rencana ABT 2018, untuk pembangunan tersebut,” katanya.

Ditambahkan dia, pihaknya sudah menyiapkan untuk penanggulangan bencana dalam menyikapi bencana alam dari siaga ke waspada dalam penanggulangan bencana tahun 2018.

“Hal ini sudah dimulai dari bulan November 2017 hingga 1 Maret 2018 dalam antisipasi bencana alam. Untuk sekarang kita sudah masuk ke waspada dalam penanggulangan bencana. Maka dari itu disetiap daerah sudah kita dirikan pos-pos jaga dalam penjagaan tersebut,” tukasnya. (Ari)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here