Home Headline Daftar Pemilih Sementara OKI Capai Angka 517.676

Daftar Pemilih Sementara OKI Capai Angka 517.676

KORDANEWS – Daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten OKI tahun 2018 mencapai 517.676 orang. Jumlah DPS tersebut merupakan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Hal ini diketahui setelah diselenggarakannya rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi DPS pilkada serentak tahun 2018 yang dilaksanakan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKI.

Rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Polres OKI, Kepala Badan Kesbangpol OKI, Disdukcapil OKI, Ketua dan Divisi Perencanaan dan Data PPK se-Kabupaten OKI, perwakilan dari masing-masing tim pemenangan paslon, serta perwakilan dari partai politik (parpol) pengusung paslon.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan mengatakan, penetapan DPS untuk mendapatkan jumlah pemilih yang valid dalam pemilukada 2018. Dimana penetapan DPS merupakan proses yang dibutuhkan untuk sampai pada pelaksanaan pemungutan suara.

“Setelah PPK melakukan rekapitulasi hasil dari pemutakhiran data, selanjutnya KPU melakukan rekapitulasi hasil pemutakhiran dan penetapan DPS yang kita laksanakan,” tuturnya.

Adapun berdasarkan penyampaian hasil rekapitulasi, lanjutnya, masing-masing PPK dari 18 kecamatan se-Kabupaten OKI, jumlah DPS dalam pemilukada serentak 2018 di Kabupaten OKI adalah berjumlah 517.676 pemilih terbagi dalam 327 desa. Sedangkan jumlah TPS di seluruh Kabupaten OKI sebanyak 1.826 TPS.

Dedi menambahkan, hasil dari rapat pleno ini akan dibagikan ke tim paslon dan PPK, serta disampaikan ke PPS untuk ditempel di desa masinG-masing.

Agar dikoreksi oleh masyarakat setempat dan bagi yang belum terdaftar bisa melapor ke PPS dengan membawa identitas yang belaku. Agar dilakukan verifikasi sebelum ditetapka menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Sementara itu berdasarkan dalam pengumuman Nomor : 197/KPU.OKI.006.435450/XII/2017 tanggal 30 Desember 2017 tentang hasil rekapitulasi hasil analisis data potensial pemilih pemilu (DP4) dalam rangka pilkada serentak tahun 2018, yang menjadi dasar acuan sebelum dilakukan coklit, jumlah secara keseluruhan DP4 baik laki-laki maupun perempuan mencapai 531.169. Dengan demikian berkurang sebanyak 13.493 orang. (bkt)

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here