Home Ekonomi Realisasi Pembangunan Muara Enim Sudah Tepat Sasaran

Realisasi Pembangunan Muara Enim Sudah Tepat Sasaran

KORDANEWS – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2018-2019, dengan tujuan untuk melakukan pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas.

Kepala Bappeda Kabupatan Muara Enim Abdul Najib mengatakan jika laporan tentang realisasi dari Musrenbang dan RKPD setiap tahunnya terus meningkat.

“Untuk peningkatan pembangunan Kabupaten Muara Enim selalu tepat sasaran, ” ungkap Najib saat melaporkan dalam acara Musrenbang di Ballroom Hotel Grand Zury Muara Enim, Senin (02/04/2018).

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar mengatakan, Musrenbang dan RKPD Kabupaten Muara Enim tahun 2018 ini merupakan implementasi amanat UU No. 25 tahun 2014 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Serta Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 tahun 2017 tentang Tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Oleh karena itu, lanjut Muzakir, hal itu sangat penting dan bernilai strategis dalam upaya mencapai tujuan pembangunan nasional dan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Muara Enim terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 sebesar 65,02 persen, di tahun berikutnya meningkat hingga 66,71 persen. Begitu juga untuk keluarga teraliri listrik yang meningkat 81,60 di tahun 2017,” katanya.

Dikatakan Muzakir, sedangkan untuk rumah tangga menggunakan air bersih layak mencapai 76,80 persen. Rumah tangga mengunakan sanitasi layak mencapai 75,50 persen.

Masih kata Muzakir, upaya penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Muara Enim juga cukup berhasil.

“Namun, kita semua masih perlu berusaha lebih giat lagi, khususnya dalam rangka membantu saudara kita yang masih belum sejahtera untuk lebih sejahtera lagi, ” tutur muzakir.

Muzakir juga menambahkan, untuk realisasi capaian kinerja keuangan tahun 2017 sebesar 90,56 persen, dengan realisasi capaian output sebesar 95,51 persen dari 431 program dan 2.169 kegiatan.

“Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Muara Enim tahun 2016 sebesar 5,24 persen atas dasar harga berlaku. Dan PDRB tercatat mencapai Rp 42,63 triliun atas dasar harga berlaku Rp 32,89 triliun atas dasar harga konstan, dengan PDRB per kapita mencapai Rp 69,93 juta,” katanya.

Untuk itu, lanjutnya, kinerja yang telah di capai hingga saat ini kiranya dapat bersama-sama dipertahankan dan berusaha untuk lebih ditingkatkan dimasa mendatang.

“Tentunya semua ini harus diawali dengan melakukan penyusunan perencanaan pembangunan yang aspiratif dan patisipatif dengan melalui Musrenbang kabupaten ini,” pungkasnya. (Ari)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here