Home Headline 7 Terduga Teroris yang Tertangkap di Sumsel Merupakan Anggota Jamaah Anshorut Khilafah

7 Terduga Teroris yang Tertangkap di Sumsel Merupakan Anggota Jamaah Anshorut Khilafah

KORDANEWS – Tim Densus Mabes Polri 88 dan dibantu anggota Jatanras Polda Sumsel dan di back up Polsek Mariana, Rabu (18/7) sekitar pukul 20.30 wib mengamankan satu orang terduga teroris yang diketahui bernama Suparman (31) warga Jl. R. Sukamto Lr Masjid RT 38 kel 8 Ilir, Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, memang benar tujuh orang terduga teroris yang ditangkap di Mariana, Kabupaten Banyuasin pada Rabu (18/7) malam oleh Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersama anggota Jatanras Polda Sumsel merupakan anggota Jamaah Anshorut Khilafah.

“Penangkapan yang dilakukan dalam kurun waktu empat jam dari pukul 17-20 Wib, mereka jaringan Anshorut Khilafah bukan jamaah Anshorut Daulah. Seperti diketahui yang pernah ditangkap di Sumsel sebelum Jamaah Ashorut Daulah yang berevolusioner, atau lebih giat untuk mendirikan negara khilafah,” katanya.

Sedangkan Jamaah Anshorut Khilafah ini, lanjutnya, tidak begitu profesif, jaringan ini hanya baiat kepada ISIS. Karena itulah kepolisian khususnya Densus 88 Antiteror mencegah gangguan dari jaringan ini dengan melakukan pengamanan dan penyelidikan terhadap jaringan ini, kalau cukup bukti akan ditingkatkan ke penyidikan.

“Upaya yang dilakukan tim Densus 88 Antiteror untuk menciptakan suasana aman di Kota Palembang dan Sumsel saat berlangsungnya Asian Games 2018, dan umumnya Indonesia pada pemilu 2019, jangan sampai jaringan ini mengganggu keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat kota Palembang,” katanya.

Lanjut Zulkarnain, ada dua tempat di Sumsel yang diduga jaringan sel ini berada yakni di Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang.

“Barang bukti yang diamankan dari penangkapan semalam ada pipa paralon dan buku buku tentang jihad. Tapi jangan dianggap wilayah kita Sumsel sebagai basis teroris karena mereka ini hanya bagian dari jaringan Abu Husnah sebagai Amir dari jamaah Ashorut Khilafah yang ada di Solo,”pungkasnya,”(Dik)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here