Home Headline Ini Manfaat Mengejutkan dari Berciuman

Ini Manfaat Mengejutkan dari Berciuman

KORDANEWS – Kita semua tahu bahwa berciuman adalah hal yang menyenangkan. Namun, masih banyak yang tidak tahu bahwa bertemunya bibir dan lidah antara dua orang saat berciuman ternyata memiliki sejumlah manfaat, lho.

Tak percaya? Dilansir dari laman Woman’s Day melalui Viva.co.id, ini dia lima manfaat berciuman.

Meningkatkan imunitas

Sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan bahwa ciuman bisa meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh wanita dari Cytomegalovirus. Virus tersebut umumnya menular melalui kontak mulut ke mulut, yang bisa menyebabkan kebutaan pada bayi dan cacat lahir lainnya jika si ibu membawanya selama kehamilan.

Di sisi lain, hal ini tidak membahayakan bagi orang dewasa, dan berciuman merupakan cara untuk mencegah virus masuk dan juga menguatkan sistem kekebalan tubuh

Membantu memilih pasangan yang tepat

Seorang antropolog, Helen Fisher menggambarkan ciuman sebagai alat pengukur kualitas pasangan. Ini berkaitan dengan berbagai saraf di mulut dan sekitar area tersebut yang diklaim mampu mengenali apakah si dia yang sedang Anda cium adalah orang yang tepat bagi Anda

“Saat mencium seseorang, kita bisa benar-benar mendengarnya dan melihat, serta merasakannya. Jadi, ciuman bukan hanya ciuman. Ini adalah sesuatu yang mendalam tentang siapa kita sebenarnya, apa yang kita inginkan dan apa yang bisa diberikan,” ujarnya.

Sementara itu, peneliti lain menyebut ciuman adalah cara biologis manusia dalam menentukan secara alamiah siapa yang sesuai untuknya secara genetik.

“Ketika berciuman, ada mekanisme ikatan kuat yang menilai kesehatan, status reproduktif dan kesesuaian genetik,” kata Gordon G.Gallup Jr, seorang profesor psikologi evolusioner di State University New York, Amerika Serikat.

“Karena itu, apa yang terjadi selama ciuman pertama bisa membuat hubungan asmara dimulai atau justru berakhir,” ucapnya menambahkan.

Membakar kalori

Sejumlah studi mengungkapkan, berciuman bisa membantu membakar sekitar dua hingga enam kalori per menit. Tetapi, berciuman selama satu jam bisa membakar setengah dari konsumsi satu kepal permen cokelat.

Menjaga otot wajah

Manfaat senam wajah juga bisa didapat dari berciuman. Peneliti mengatakan bahwa orang menggunakan 30 otot, ketika berciuman dan berciuman bisa membantu pipi tetap kencang.

Menenangkan

Ilmuwan melaporkan bahwa berciuman meningkatkan produksi hormon oksitosin dan endorphin. Air liur yang keluar saat berciuman juga meningkatkan dopamine, yang membantu merasakan sentuhan romantis.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here