Bakal Di Ujicoba, Naik LRT, Damri, dan Trans Musi Bisa atu Tarif

KORDANEWS – Tranportasi Light Rail Transit (LRT), Sumatera Selatan (Sumsel), Damri serta Trans Musi direncanakan bakal dilakukan uji coba Integrasi pada November 2018.

Kepala Bidang Perkeretaapian dan Pengembangan Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Wahidin mengatakan, proses uji coba yang dilakukan mulai dari uji coba tarif, integrasi sistem dan rute. Dimana, pengguna transportasi umum nantinya, baik Trans Musi, Damri dan LRT akan dikenakan satu tarif saja.

“Uji coba integrasi antar moda tersebut akan diterapkan mulai November mendatang. Sekarang masih terus kita bahas lebih lanjut bagaimana pengintegrasian antar moda itu,” ujar Wahidin, Minggu (11/11).

Untuk dikenakan satu tarif bagi penumpang itu, kata dia, kemungkinan tergantung dari kategori pengguna. Namun, ia memastikan dengan hanya satu tarif ini, maka masyarakat semakin mudah memanfaatkan transportasi umum di kota pempek ini.

“Soal berapa nominal tarifnya sampai sekarang masih dalam pembahasan lebih lanjut. Masih terus kita bahas bersama tiga operator yang terkait,” jelas dia.

Sebelum dilakukan uji coba integrasi tersebut dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar workshop sekaligus sosialisasi kepada kalangan pelajar.

“Kita lakukan workshop sebagai bentuk sosialisasi bagaimana penggunana LRT, terutama bagi pelajar di Kota Palembang,” tuturnya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi saat di Palembang mengatakan, integrasi moda tersebut merupakan salah satu upaya untuk membiasakanmasyarakat Sumsel khususnya Kota Palembang menggunakan transportasi umum. Untuk tarif yang ditetapkan lebih murah jika dibandingkan sebelumnya. Sebagai perbandingan, masyarakat yang hendak menuju ke Indralaya sebelum uji coba akan mengeluarkan biaya sebesar Rp13 ribu.

“Dengan rincian tarif LRT Sumsel sebesar Rp5.000 ditambah Bus Damri sebesar Rp8.000. Saat uji coba satu tarif nantinya, masyarakat hanya akan membayar tarif sebesar Rp10 ribu saja. Setelah naik LRT Sumsel dan membayar, mereka tidak akan dikenakan biaya lagi untuk naik Damri jurusan Indralaya,” katanya.

Dengan integrasi moda tersebut nantinya, ia berharap bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap penambahan jumlah penumpang LRT Sumsel. Mengingat, pihaknya menargetkan peningkatan penumpang sebesar 60 persen dari hari biasanya.

“Apalagi, jurusan yang diintegrasikan Indralaya sehingga diharapkan makin banyak mahasiswa yang naik LRT Sumsel,” tutupnya. (Ab)

editor : awan

No related post!

Leave a reply

Loading...