Jalur KA Kertalaya Bakal diubah, Dishub : Ini akan Permudah Mahasiswa

KORDANEWS — Dinas Perhubungan atau Dishub Sumsel bakal mengajukan perpanjangan jalur kereta hingga ke Universitas Negeri Sriwijaya (UNSRI), dengan tujuan menarik minat dan memudahkan mahasiswa yang menggunakan kereta api jurusan Palembang-Indralaya dengan KA Kertalaya.

Kepala UPTD Tanjung Api-Api dan Kertalaya, Arizani mengatakan, bagi masyarakat khsususnya mahasiswa yang akan naik dari Kertapati dengan tujuan Kertalaya yang harus naik kendaraan lagi dengan menempuh jarak dari stasiun ke Unsri berkisar 3 kilometer sampai ke kampus Unsri.

“Untuk itu kita akan ajukan penambahan jalur kereta api agar sampai ke Unsri langsung. Jalur kereta api atau rel yang akan ditambahkan sepanjang 7 km dari stasiun Kertalaya ke Unsri,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (8/2).

Oleh sebab itu pihaknya berusaha saat ini sedang mengusulkan ke Kementrian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perkeretaapian, agar kereta ini bisa sampai ke kampus Unsri.

“Sebelumnya ini baru satu kali jadwal keberangkatan dan kedatangan. Dengan adanya penambahan jalur tersebut diharapkan bisa menambah jadwal keberangkatan dua atau tiga kali keberangkatan dan kedatangan,” katanya.

Ia pun menjelaskan, jadwal KA Kertalayan dari Kertapati pukul 7.30 sampai di Indralaya pukul 8.10 dan dari Indralaya pukul 14.10 sampai ke Kertapati pukul 14.50. Dengan naik kereta maka dari Kertapati-Indralaya atau sebalinya ditempu hanya dengan waktu 40 menit saja.

“Sejauh ini minat mahasiswa untuk naik kereta api cukup bagus. Karena jadwalnya baru satu kali kedatangan dan keberangkatan jadi tergantung dengan jadwal mahasiswa. Kalau jadwalnya lagi pas ya bisa ramai,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Sugianto mengatakan, bahwa untuk penambahan jalur kereta api Kertalaya ini masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

Baca Juga :   Dengan Program "Nyawa Lebih Penting Dari Harta" Millenial Road Safety Festival Ajak Anak Muda Patuhi Aturan Lalin

“Tahun ini akan diajukan untuk pengerjaan tahun 2020. Namun untuk disetujui atau tidaknya kewenangan pusat dan saat ini kami masih dalam tahap persiapan kajiannya terlebih dahulu,” katanya. (Ab)

Editor : Chandra

inderalaya Kertalaya sumsel

Related Post

Leave a reply

Loading...