Home Politik KPU Muara Enim, Coret 7 Nama Caleg Dari DCT, Yang Tak Penuhi...

KPU Muara Enim, Coret 7 Nama Caleg Dari DCT, Yang Tak Penuhi Syarat

KORDANEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Muaraenim mencoret tujuh nama calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Muaraenim dari Daftar Calon tetap (DCT) karena dianggap tidak memenuhi syarat (TMS).

“Ada tujuh caleg yang dianggap TMS, semuanya sudah dicoret dari DCT sesuai ketentuan,” ungkap Ketua KPU Muaraenim Ahyaudin, saat bincang dengan Kordanews.com, Rabu(20/02/2019).

Dari ketujuh caleg tersebut, lanjut Ahyaudin, tiga caleg dicoret setelah penetapan DCT sebelum validasi surat suara.

Ketiga caleg tersebut dinyatakan TMS berdasarkan temuan dari Bawaslu.

“Temuan Bawaslu tiga caleg tersebut terkait masalah kelengkapan administrasi, diantaranya tidak mengundurkan diri sebagai honorer,” ungkap Ahyaudin.

Kemudian empat caleg yang dinyatakan TMS berikutnya setelah dilakukan validasi surat suara. Dua caleg dinyatakan TMS karena meninggal dunia dan dua lainnya mengundurkan diri karena lulus seleksi CPNS.

“Karena dinyatakan TMS setelah validasi surat suara maka nama caleg tersebut sudah tercetak di surat suara. Namun pada lembar DCT telah kita coret,” katanya.

Khusus nama empat caleg yang TMS setelah validasi surat suara, papar Ahyaudin, pihaknya nanti akan mengeluarkan surat resmi kepada penyelenggara pemilihan yang berisi instruksi untuk mengumumkan nama-nama caleg yang TMS.

“Apabila nanti nama caleg tersebut dicoblos oleh masyarakat, maka dianggap sah sebagai suara partai. Dengan demikian diharapkan tidak ada pihak yang dirugikan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahyaudin juga menghimbau agar para kandidat caleg untuk membuat bahan sosialisasi ajakan kepada masyarakat untuk datang ke TPS pada 17 April mendatang.

“Karena yang selama ini hanya ada ajakan untuk memilih, sedangkan kapan pemilihan dilaksanakan tidak dicantumkan. Kita berharap partisipasi yang tingggi dari masyarakat pada Pemilu 2019 ini,” pungkasnya. (Ari)

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here