Home Peristiwa Bangun Embung Sebagai Pasokan Air Bersih

Bangun Embung Sebagai Pasokan Air Bersih

 

KORDANEWS – Kondisi air saat ini semakin terancam oleh polusi, baik itu Sungai Musi dan anak Sungai Musi. Bahkan Palembang telah kehilangan ratusan anak Sungai Musi dan hanya menyisakan 95 anak sungai saja.

 

 

Hal ini diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo usai Seminar Nasional Hari Air Dunia Tahun 2019, di Gedung Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya, Kamis (21/3/2019).

“Sungai Musi tidak akan selalu selamanya menjadi sumber pasokan air bersih yang selama ini dikelola oleh perusahaan daerah. Terutama jika perilaku masyarakat yang tidak bisa diubah dengan membuang sampah sembarangan,” katanya

Lantaran dinilai tidak selamanya menjadi sumber baku air bersih bagi masyarakat Palembang inilah terang Harnojoyo, Pemerintah Kota Palembang akan membangun Embung sebagai sumber air baku cadangan. Embung seluas 100 hektar ini akan dibangun di dua kecamatan di Palembang, yakni Ilir Barat dan Gandus atau tepatnya berada di Talang Kepu.

“Embung atau cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di sungai/danau,” jelasnya.

Pembangunan embung yang memiliki dual fungsi, yaitu untuk pengendalian banjir dan juga mengatasi kekurangan air ketika musim kering ini merupakan kali pertama di kota ini. Sedangkan pendanaan proyek ini akan dibangun dengan sistem sharing.

Editor : Chandra.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here