Presidium Wilayah SU Kota Palembang, Dinilai Pemkot Itu Lucu

KORDANEWS — Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam hal ini Asisten I, Sulaiman Amin menuturkan wacana Presidium wilayah Seberang Ulu (SU) Kota Palembang untuk menjadi Pemerintah Kabupaten dinilai sangat lucu. Menurutnya dalam sistem pemerintahan tidak ada kota yang dimekarkan.

 

“Itu lucu, dalam sistem pemerintahan tidak ada kota dimekarkan, yang ada itu kabupaten dan desa yang dimekarkan,”Ujarnya di Rumah Dinas Wali Kota. Selasa (11/6).

 

Selain itu, dalam pemekaran wilayah mestinya ada tiga hal yang perlu diperhatikan diantaranya  jumlah penduduk, pertumbuhan ekonomi dan luas wilayah.

 

”Ditinjau dari luas wilayah saja wilayah Sebrang Ulu tidak sampai radius 5 KM, jelas tidak memenuhi persyaratan sebagai kabupaten atau kota,” jelasnya.

 

Sebelumnya, pemekaran ini dikemukakan oleh Suparman Romans yang sebagai Ketua Presedium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu (P3KPU) mengatakan, bahwa adanya wacana pemekaran Kabupaten Sebrang Ulu merupakan penampung aspirasi dari masyarakat Seberang Ulu.

 

Itu terkait adanya pemekaran Kota Palembang Ulu menjadi Kabupaten Palembang Ulu, yang telah dideklarasikan oleh Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu (P3KPU),  (10/6).

Sementara Wali Kota Palembang, Harnojoyo sangat mengapresiasi pendapat tersebut. Pasalnya, hal itu untuk pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

 

“Kita akan kaji dulu karena banyak potensi dalam pemekaran tersebut. Tentunya masyarakat tak lain menginginkan kesejahteraan dalam pemeratakan pembangunan itu,”ujarnya.

 

Namun disisi lain, Politisi Partai Demokrat tersebut menilai pemekaran Palembang Ulu tersebut memang pantas. “Itu, kajian itu dilihat nanti. Bukan saya yang meninilainya,” terangnya

 

Editor : Jhonny

Kota Palembang pemekaran SU

Related Post

Leave a reply

Loading...