Home Headline Polda Sumsel Kirimkan Bantuan 130 Anggota Personil ke Mesuji Lampung

Polda Sumsel Kirimkan Bantuan 130 Anggota Personil ke Mesuji Lampung

KORDANEWS – Polda Sumatera Selatan (Sumsel) turunkan 130 anggota untuk mendukung keselamatan bentrokan di Register 45 Mekarjaya, Mesuji, Lampung, Rabu (17/7/2019) kemarin.

“Kami akan kirim personil untuk meredam bentrokan di Mesuji. Personil yang kami turunkan sebanyak 130 anggota,” Ujar Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Kamis (18/7).

Dari 130 anggota yang diturunkan, pihaknya akan membagi tugaskan anggota di perkampungan dan beberapa titik yang dianggap rawan.

“Semua anggota langsung diintruksikan untuk masuk langsung ke desa dan meminta warga masyarakat,” Katanya.

Bahkan, Supriadi mengungkapkan anggota yang ditugaskan kemudian telah diperintahkan untuk dapat membantu tokoh masyarakat yang ada di sana.

“Kami perintahkan untuk segera menemui tokoh-tokoh masyarakat yang ada, kepala desa, bila perlu ke masyarakat langsung, “tutup Supriadi.

Ada pun jumlah personil gabungan Polri dan TNI yakni,  Brimob Blitang 33 personil, Sabara Polres OKI, 15 personil, Rayol Polsek 20 personil, Intel 10 personil, 22 personil Polsek Mesuji, Reskrim 10 personil, Binmas 10 personil dan dari Koramil 10 personil.

Untuk diketahui, Bentrokan berdarah yang terjadi di kawasan register 45 Mesuji, Provinsi Lampung, pada Rabu (17/7). Bentrok antar massa tersebut melibatkan empat warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, menjadi korban.

Kapolres OKI, Donni Eka Saputra mengatakan, bentrokan tersebut diduga akibat masalah lahan yang melibatkan kelompok warga Mekar Jaya Abadi dan kelompok Mesuji Raya, lokasi kejadiannya masuk ke wilayah hukum Lampung. Akan tetapi, Donni membenarkan jika ada empat warga Sumsel yang turut menjadi korban pada peristiwa tersebut.

“Korban warga kita (OKI, Sumsel) ada empat orang, semuanya meninggal dunia,” katanya, Rabu (17/7).

Sementara itu, Kapolsek Mesuji OKI, AKP Dharmanson mengatakan, warga Sumsel yang menjadi korban tergabung dalam kelompok Mesuji Raya, empat orang tewas.

“Korban yang meninggal yakni Dali, Roni dan Abdul Roni. Sementara satu orang belum teridentifikasi,” katanya.

Menurutnya, tiga korban yang sudah disetujui ini sudah dibawa ke rumah duka di Pematang Panggang. saat ini, pihaknya masih berada di rumah duka sembari memberikan pemahaman dan meminta kepada pihak keluarga serta warga Pematang Panggang, OKI untuk tidak melakukan serangan balasan.

“Kita antisipasi agar tidak ada serangan balasan. Mudah-diharapkan, terus kondusif, ”katanya. (Ndik)

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here