Home Headline PPIH Terus Matangkan Persiapan Pelayanan Pulangnya Jamaah Haji Debarkasi Palembang

PPIH Terus Matangkan Persiapan Pelayanan Pulangnya Jamaah Haji Debarkasi Palembang

KORDANEWS — Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Palembang terus lakukan pematangan persiapan dan pelayanan terbaik menyusul masa pemulangan jamaah haji Debarkasi Palembang yang akan dimulai pada 17 Agustus 2019 mendatang.

 

 

Ketua PPIH Debarkasi Palembang, Alfajri Zabidi, mengatakan proses pemulangan jamaah haji tahun ini tidak jauh berbeda dengan pemulangan haji tahun-tahun sebelumnya.

 

 

 

Namun, pihaknya merasa perlu menggelar rapat guna menyamakan persepsi dan juga melakukan perbaikan serta inovasi dalam proses pemulangan jamaah Debarkasi Palembang.

 

 

“Untuk tahun ini, pemulangan jamaah haji Debarkasi Palembang dilakukan mulai 17 Agustus hingga 4 September mendatang. Kloter 1 asal Palembang dan OKU Timur dijadwalkan tiba di Bandara SMB II Palembang pukul 21.55 WIB,” ujar dia di Palembang, Rabu (14/8).

 

 

Menurut dia, seluruh kedatangan jamaah haji Debarkasi Palembang di Bandara SMB II tahun ini terjadwal malam hari pukul 22.00 sampai 23.00 WIB. Proses penurunan jamaah dan pemindahan jamaah dari pesawat ke dalam bis dan perjalanan ke asrama haji butuh waktu 90 sampai 120 menit. Sedangkan untuk barang bagasi jamaah, proses penurunan sampai ke asrama haji butuh waktu sekitar 150 menit.

 

 

“Jadi saya minta panitia mempersiapkan diri sebaik mungkin. Empat jam sebelum kedatangan jamaah, panitia sudah harus berada di asrama haji,” kata dia.

 

 

 

Dia menjelaskan, proses penerimaan kedatangan jamaah tetap dilaksanakan di gedung serbaguna Asrama Haji sebagaimana telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Maka dari itu, pihaknya meminta seluruh panitia membantu mengarahkan dan menempatkan jamaah di dalam gedung serbaguna sesuai dengan rombongan masing-masing.

 

 

“Di gedung ini, panitia akan membagikan paspor langsung kepada jamaah. setelah mendapatkan paspor, baru jamaah dapat mengambil air zam-zam masing-masing lima liter dan mengambil tas bagasi. Untuk mempercepat proses pembagian air zam-zam, panitia akan menyiapkan 10 meja konter pengambilan air zam-zam dengan teknis pembagian disesuaikan dengan masing-masing rombongan. Dalam hal ini kami berharap jamaah ataupun keluarga jamaah agar tetap tertib dan antre,” jelas dia.

 

 

Sementara itu, Humas PPIH Debarkasi Palembang, Saefudin, menambahkan, seperti tahun sebelumnya panitia juga menyiapkan kamar bagi jamaah haji yang ingin menginap terlebih dulu sebelum kembali ke rumah.

 

 

“Ini akan dikoordinasikan dengan panitia dari daerah. Apakah jamaah yang pulang dari Arab Saudi akan diinapkan lebih dulu di asrama haji atau langsung dibawa pulang menggunakan bis ke daerah masing-masing. Yang jelas, panitia debarkasi menyiapkan penginapan selama satu malam di asrama haji,” tuturnya. (Ab)

 

 

 

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here