Home Entertainment Review Film Joker, Akting Joaquin Phoenix Layak Raih Oscar

Review Film Joker, Akting Joaquin Phoenix Layak Raih Oscar

KORDANEWS – Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, Warner Bros akan merilis film Joker adaptasi dari DC Comics, sebuah kisah awal musuh bebuyutan Batman. Dilansir deri Forbes, inilah review film Joker yang ditulis oleh Mark Hughes.

Dalam tulisannya, ia menceritakan bahwa Joker adalah film tentang salah satu penjahat budaya pop yang paling populer, dengan pemain utama dan trailer yang memunculkan gebrakan yang luar biasa. Pembicaraan diawali oleh pemeran Joker, Joaquin Phoenix sebagai calon potensial peraih Aktor Terbaik di dalam ajang Oscar 2020.

Joaquin Phoenix memberikan penampilan luar biasa tanpa rasa takut dan menakjubkan dalam mendalami peran fisik dan emosional Joker. Faktanya adalah, semua orang yang menyaksikan film Joker akan terpana dengan apa yang dicapai Phoenix, karena hal itu yang dianggap mustahil oleh banyak orang. Penggambaran yang cocok dan berpotensi melebihi The Dark Knight’s Clown Prince of Crime.

“Beberapa orang akan menganggap saya keliru karena mengatakan hal semacam itu, tetapi itu hanyalah sebuah kebenaran,” tulis Mark Hughes dikutip laman Forbes.

Mark Hughes juga mengatakan, Joker yang dimainkan oleh Joaquin Phoenix menyalurkan sesuatu yang tidak dikenal di sini, seorang pria yang menyadari bahwa monster psikotik dengan keras mencakar jalan dan ingin keluar darinya. Dia tampak berjuang untuk menahannya karena dia pikir itulah yang harus dia lakukan. Sampai dia memutuskan tidak melakukannya, karena monster di dalam dirinya hanyalah dia sendiri. Dia pun menyukainya.

Joaquin Phoenix berhasil memukau karena mampu memutar dan memutarbalikkan dirinya seperti boneka yang patah, dan terkadang seperti kepiting atau serangga aneh yang merangkak dari kepompong. Phoenix telah mampu menunjukkan kekacauan batin yang terwujud dalam setiap gerakan dan setiap lirikan.

Ada kedengkian yang merembes keluar dari mulutnya. Pada awalnya agak sulit untuk dideteksi, karena Phoenix dengan sangat ahli menggambarkan cara Joker bergulat dengan dirinya sendiri untuk menyamarkan kecenderungannya yang sebenarnya sangar dan gila. Namun lambat laun, dengan rasa sakit, dia memungkinkan penonton untuk melihat lebih banyak dan lebih banyak lagi sosok Joker yang sebenarnya.

Ketika kita bisa menyaksikannya, kita menyadari itu bukan sebuah transformasi, melainkan sebuah wahyu dari apa yang hampir selalu terkandung di bawah permukaan atau di dalam dirinya. Kita ingat saat-saat sebelumnya, dan kita menyadari kejahatan ada di sana juga, tetapi itu membuatnya takut seperti itu membuat kita takut, jadi dia menyembunyikannya.

“Saya bahkan tidak ragu untuk mengatakan Joaquin Phoenix adalah pelopor instan untuk Aktor Terbaik di Academy Awards atau Oscar, dan saya tidak ragu dia akan dinominasikan untuk penampilan memukaunya sebagai Joker tersebut.”

“Harapan saya adalah, dia akan menang, karena itu adalah kinerja terbaik yang pernah saya lihat dari seorang aktor sepanjang tahun ini, dan sulit membayangkan kinerja lain dengan intensitas dan kekuatan yang bernuansa seperti Phoenix memerankan sosok Joker.”

Joker menjadi manifestasi manusia yang hidup, bernapas dari kejahatan. Film ini berfungsi untuk membongkar mitosnya dan juga memperjelas bahwa bahkan apa yang kita “lihat”, asal usulnya masih dipertanyakan. Sang Joker menjadi pengarang cerita yang paling tidak bisa diandalkan, dan fakta kemanusiaannya yang harfiah adalah dia tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan kesadaran kita, sesuatu yang murni kejam dan mengerikan berada di dalam jiwanya.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here