Home Sosok Benarkah Wasit Buat Kesalahan Atas Anulir Penalti Madrid dan Gol Bale ?

Benarkah Wasit Buat Kesalahan Atas Anulir Penalti Madrid dan Gol Bale ?

KORDANEWS – Dua momen penting terjadi pada laga Barcelona vs Real Madrid. Dua momen tersebut yakni terjangan Clement Lenglet pada Raphael Varane di kotak penalti dan gol Gareth Bale yang dianulir wasit.

Barcelona menjamu Real Madrid pada laga tunda pekan ke-10 La Liga musim 2019/2020, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB di Camp Nou. Laga antara dua rival tersebut berakhir dengan skor imbang 0-0.

Skor 0-0 menjadi hasil yang tidak lazim di El Clasico dalam beberapa tahun terakhir. Kali terakhir duel Barcelona vs Real Madrid berakhir dengan skor 0-0 terjadi pada November 2002 silam.

Hasil imbang tidak mengubah klasemen La Liga. Barcelona tetap berada di puncak klasemen, sedangkan Real Madrid di posisi kedua. Mereka sama-sama mendapat 36 poin, Barcelona unggul selisih gol atas Madrid.

Real Madrid Harus Dapat Penalti?
Terdapat dua momen yang diklaim pihak Real Madrid harusnya mendapat penalti. Momen itu terjadi pada menit ke-17. Terjadi insiden di kotak penalti antara Raphael Varane dengan Ivan Rakitic dan Clement Lenglet.

Momen pertama terjadi saat Raphael Varane diterjang Clement Lenglet dengan pul sepatunya. Aksi ini membuat Varane mengalami goresan di paha. Kedua, ada tarikan dari Ivan Rakitic untuk bek asal Prancis tersebut.

“Ada tarikan dari Rakitic pada Varane. Tarikannya jelas. Di VAR, itu penalti, penalti yang sangat jelas,” ucap pakar wasit La Liga, Andujar Oliver dikutip dari Marca.

“Di mana VAR?,” sambungnya.

Sedangkan, untuk insiden Lenglet dengan Varane, Andujar Oliver justru tidak merasa ada penalti. Dia memang melihat kontak antara Varane dan Lenglet, tetapi dianggap tidak cukup untuk penalti.

“Pemain Barcelona [Lenglet] pergi dengan pul sepatunya, tetapi rasanya tidak ada alasan bagi wasit untuk memberikan penalti untuk itu,” kata Oliver.

Gol Gareth Bale Dianulir, Sudah Tepat?
Real Madrid mencetak gol pada menit ke-73. Gareth Bale membobol gawang Marc-Andre ter Stegen usai menerima umpan Ferland Mendy. Akan tetapi, gol tersebut dianulir wasit Jose Luis Sanchez.

Ferland Mendy dianggap berada dalam posisi offside. Posisi bek sayap asal Prancis tersebut berada di depan pemain bertahan Barcelona. Cukup tipis, tetapi VAR menegaskan Ferland Mendy memang berada dalam posisi offside.

Keputusan hakim garis mengangkat bendera offsiden untuk gol Ferland Mendy sudah tepat.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here