Home Sumsel Kepala BPS Lahat Sosialisasi Sensus Penduduk di Tanjung Tebat

Kepala BPS Lahat Sosialisasi Sensus Penduduk di Tanjung Tebat

 

KORDANEWS – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) lakukan sosialisasi program pemerintah dalam mendapatkan informasi data masyarakat melalui sensus penduduk berbasis online dan pencacahan, bertempat di aula kantor camat Tanjung Tebar, Rabu (19/2).

 

 

 

Untuk diketahui sensus penduduk Indonesia yang ke 7 digelar pada tahun ini, menggunakan sistem online. Sensus penduduk 2020 sendiri dibutuhkan data-data masyarakat Indonesia yang akurat, untuk menentukan dan mendapatkan informasi yang lengkap.

 

 

 

Kepala BPS Lahat, Chairanita Kurniarita, mengajak seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan program pemerintah dalam mendapatkan informasi data sensus penduduk dengan baik dan akurat.

 

 

 

Selain itu dirinya menjelaskan sensus penduduk ada dua tahapan yaitu sensus penduduk online yang telah dimulai pada tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020, untuk sensus melalui wawancara atau pencacahan akan dimulai pada tanggal 1-31 Juli 2020.

 

 

 

“Oleh sebab itu kami minta pada seluruh kepala desa untuk mensosialisasikan sensus penduduk online ini pada masyarakat dan segera memberikan dan mendaftarkan datanya melalui sensus. BPS. Ga.Id “terangnya.

 

 

 

 

Adapun tujuan diadakannya sensus penduduk untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Bahkan manfaat di datanya sensus penduduk yakni, data sensus penduduk 2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai wilayah terkecil, seperti program bantuan dari pemerintah.

 

 

 

“Maka kami minta pada masyarakat untuk mengisikan datanya melalui sensus penduduk, karena data ini adalah data dasar masyarakat yang wajib diketahui oleh pemerintah, dan data penduduk inilah nantinya akan dijadikan data lengkap oleh pemerintah,” tambahnya.

 

 

 

Sementara itu, sosialisasi ini juga disambut dengan baik Camat Tanjung Tebat Aria Pulun. Dikatakan camat, pentingnya sensus penduduk ini untuk didaftarkan agar data penduduk Indonesia dapat diketahui oleh pemerintah. Data penduduk yang diambil dalam sensus penduduk akan menjadikan data akurat sebagai penduduk Indonesia.

 

 

 

“Mari kita bersama-sama untuk mensosialisasikan program pemerintah ini pada masyarakat, agar data penduduk kita tercatat dan terdaftar sebagai penduduk Indonesia. Dengan mengucapkan bismillah, sosialisasi sensus penduduk ini saya buka,” ungkapnya.

 

 

 

 

Jhon, selaku Koordinator sensus penduduk saat sosialisasinya menjelaskan, bahwa sensus penduduk ini bukan untuk menaikkan pajak seperti yang ditakutkan kebanyakan masyarakat. Sensus penduduk yaitu untuk mendata berapa jumlah jiwa penduduk Indonesia selama dilakukan pendataan sensus penduduk tahun 2020.

 

 

 

“Maka kami minta jelaskan pada masyarakat manfaat dan tujuan diadakannya sensus penduduk ini, agar masyarakat mengerti dan memahami arti sensus penduduk,” tukasnya pada awak media.

 

 

 

Acara sosialisasi sensus penduduk dihadiri langsung oleh seluruh kepala desa Se-kecamatan Tanjung Tebat. Dan acara ini langsung dipraktekkan oleh kepala desa yang hadir sebagai bahan sosialisasi sensus penduduk pada masyarakat. (Jml)

 

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

 

 

 

 

 

 

 

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here