Home Headline Pemkot Siapkan Langkah Jika PSBB Diberlakukan di Palembang

Pemkot Siapkan Langkah Jika PSBB Diberlakukan di Palembang

KORDANEWS – Kota Palembang tengah mempertimbangkan sejumlah kendala yang saat ini dihadapi masyarakat. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang rencana nya akan diberlakukan, Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19.

 

Dimana terdapat beberapa laporan warga yang masih belum terakomodir untuk pembagian sembako bagi terdampak. Hal ini dianggap akan semakin parah jika PSBB mulai dijalankan. Seperti Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang saat ini dianggap tidak menyentuh langsung masyarakat.

 

Hal ini disampaikan Ratu Dewa selaku Sekda Palembang yang mengatakan, untuk mengatasi hal itu, pihaknya telah menyiapkan relawan yang akan melakukan pengawasan di seluruh Kecamatan. Ini diluar 323 regu yang telah lebih dulu dibentuk dalam rangka pecegahan dan penanganan Covid-19.

 

“Saat ini kami terus bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat, termasuk soal keamanan. Kami juga memiliki relawan yang nanti akan melakukan pengawasan, agar masyarakat mendapatkan apa yang dibutuhkan,” ungkap Dewa yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Palembang.

 

Menurutnya, para relawan ini, akan memastikan bantuan dari pemerintah tersebut tepat sasaran. Khususnya bagi masyarakat miskin Kota Palembang yang saat ini berjumlah sekitar 115 ribu Kepala Keluarga (KK) yang sudah ditambah masyarakat miskin baru terdampak Covid-19.

 

Dikatakannya, dari jumlah ini, 67 ribu KK diantaranya sudah mendapat Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT). Sementara sisanya terdapat sekitar 40 ribu KK lagi yang masih harus diakomodir.

 

“Sampai saat ini sudah ada 100 ton beras dan sejumlah sembako yang dipersiapkan untuk dibagikan. Bahkan jika PSBB diterapkan nantinya, diharapkan Kota Palembang tidak menghadapi kendala serius.” bebernya.

 

Lebih lanjut dikatakannya, kami mengharapkan kerjasama dari Ketua RW dan RT melalui Lurah dan Camat untuk bisa bekerja maksimal. Untuk masyarakat yang ingin terlibat menjadi relawan bisa datang langsung mendaftar ke Posko Tanggap Covid-19 di Rumdin Walikota.

 

“Pemerintah Kota Palembang, berharap masyarakat tak perlu khawatir jika memang PSBB di berlakukan. Sesuai instruksi pusat, sudah ada anggaran sejumlah Rp. 200 Miliar yang disiapkan saat ini untuk mengakomodir tiga bidang penting yakni Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi dan Bidang Jaringan Pengaman Sosial. Sehingga selama masa pembatasan, masyarakat bisa tetap tenang” tutup nya. (eh)

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here