Home Peristiwa Herman Deru Serahkan Alat PCR Ke BBLK Sumsel

Herman Deru Serahkan Alat PCR Ke BBLK Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

KORDANEWS – Gubernur Sumsel, Herman Deru menyerahkan satu alat Polymarese Chain Reaction (PCR) jenis terbaru yang memiliki kapasitas periksa 576 sampel sehari dengan kecepatan periksa real time. Pembelian alat PCR baru itu disertai dengan 5000 kit Reagen PCR, 1 paket BMHP PCR, 1 unit centrifuge dan 1 unit vertical laminar flow cabinet.

“Ini menunjukkan keseriusan kita bahwa kita melakukan tracing dan pemeriksaan aktif serta agresif. Alat ini real time bisa langsung keluar hasilnya dalam hitungan jam,” ungkap Herman Deru, Selasa (2/6).

Alat ini dibeli lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumsel sebesar Rp3,8 miliar. Satu alat PCR tersebut dikhususkan untuk Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Di mana nantinya, BBLK bisa menggunakan alat itu untuk laboratorium mobil yang sudah ada.

“Sejauh ini kita beli satu dulu. Kalau ada sesuatu tidak normal di suatu daerah, kita punya mobil laboratorium tinggal di bawa saja,” ujar dia.

Deru menjelaskan, sejauh ini Sumsel telah melakukan pemeriksaan sebanyak 13.500 sampel dari empat daerah lain di Sumbagsel seperti Lampung, Bengkulu, Jambi dan Babel. Deru tidak mempermasalahkan jika alat PCR ini digunakan untuk kelima provinsi dalam mempercepat pemeriksaan.

“Ini dibeli dari duit orang Sumsel bolehlah diberikan untuk memeriksa sampel provinsi lain. Dari sampel yang telah diperiksa sebanyak 13.500 sampel, 10.000nya sampel Sumsel,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala BBLK Palembang, dr Andi Yussianto Mepid mengatakan, bantuan ini membantu pihaknya dalam memeriksa sampel yang ada saat ini. Menurutnya, alat PCR yang dimiliki BBLK Palembang saat ini berusia 13 tahun dan hanya sanggup memeriksa 230 sampel seharinya. Dengan adanya alat baru ini pihaknya memprediksi dapat memeriksa 576 sampel perhari.

“Dengan alat ini kita bisa memeriksa lebih dari dua kali lipat sampel,” tandas dia.

Editor : Chandra.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here